Minggu, 14 April 2024

RSPAL Ramelan Jadi Rumah Sakit TNI Pertama yang Sukses Transplantansi Ginjal

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Rumah Sakit Pusat TNI AL (RSPAL) dr. Ramelan bekerjasama dengan RSUP dr. Kariyadi Semarang berhasil melaksanakan operasi transplantasi organ (ginjal) pertama, Surabaya, Selasa (20/2).

Hal ini menjadikan RSPAL dr. Ramelan yang merupakan rumah sakit tipe A atau tingkat I sekaligus sebagai pusat rujukan di wilayah timur, dan menjadi rumah sakit TNI pertama yang melaksanakan transplantasi organ ginjal.

Momentum keberhasilan tersebut menjadi tanda grand launching transplantasi organ ginjal oleh RSPAL tersebut.

Baca Juga: Australia Ungkap Ingin Tingkatan Kerja Sama Latihan Submarine Rescue dengan TNI AL

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali dalam sambutannya menyampaikan rendahnya jumlah transplantasi di dalam negeri salah satunya disebabkan karena masih terbatasnya rumah sakit yang mampu menyelenggarakan pelayanan tersebut.

KSAL Laksamana Muhammad Ali
KSAL Laksamana Muhammad Ali saat menyampaikan sambutan secara daring, Selasa (20/2). (Foto: Dok. Dispenal)

“Oleh karena tu, diharapkan dengan adanya kegiatan ini, RSPAL dr. Ramelan mampu menyelenggarakan transplantasi ginjal secara mandiri,” ungkap Ali secara daring, dikutip dari keterangan Dispenal, Kamis (22/2).

Legalitas pelayanan transplantasi ginjal diawali dengan visitasi oleh Kementerian Kesehatan RI bersama Komite Transplantasi Nasional serta Tim Ad-HOC pada tanggal 17 Mei 2023 terhadap bidang manajemen, administrasi, ketenagaan, sarana prasarana, peralatan, dan kelengkapan regulasi pelayanan kesehatan transplantasi organ.

Baca Juga: Latma Milan 2024: KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan Helikopter Panther Jalani Harbour Phase

Pada kesempatan yang sama, Kepala RSPAL dr. Ramelan Laksamana Pertama dr. Sujoko Purnomo, menyampaikan pelaksanaan transplantasi ginjal ini merupakan suatu terobosan RSPAL dr. Ramelan.

“Pada hakikatnya, pelaksanaan transplantasi ginjal yang dilaksanakan saat ini untuk meningkatkan kontribusi TNI AL dalam pelayanan kesehatan bagi bangsa dan negara, terutama bagi prajurit, keluarga serta masyarakat,” ujar dr. Sujoko. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER