Jumat, 19 April 2024

Renovasi Graha Utama Akmil, Prabowo: Jadi Peran Sentral Membentuk Watak, Mental dan Intelektualitas

BACA JUGA

Magelang, IDM – Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1).

Berdasarkan pantauan, Prabowo tiba terlebih dahulu di lokasi pukul 9.25 WIB dan disambut oleh Gubernur Akmil Mayjen R. Sidharta Wisnu Graha untuk meninjau persiapan dan memberikan arahan sebelum gelaran acara utama.

Kemudian, tepat pukul 11.00 WIB Jokowi tiba di Akmil setelah sebelumnya melakukan kunjungan di Pasar Blabak, Kabupaten Magelang, untuk memantau harga sembilan bahan pokok (sembako). Jokowi yang tampak memakai batik hitam corak emas, disambut oleh Prabowo yang mengenakan kemeja panjang berwarna putih beserta peci hitam.

Baca Juga: Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 10 Kostrad Patroli Patok Batas Negara

Terlihat pula Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo yang menyambut kedatangan Jokowi di Akmil.

Usai meninjau gedung, Jokowi memberikan sambutan di hadapan para taruna Akmil. Ia mengatakan, pembangunan Graha Utama tersebut akan menunjang sarana dan prasarana untuk kegiatan pembelajaran taruna lebih baik lagi.

peresmian
(Foto: Dok. Setpres)

“Pembangunan Graha Utama seluas 8.068 meter persegi ini akan memberikan dorongan kepada taruna untuk belajar lebih baik lagi, karena sarana dan prasarana pendidikan di Akmil akan semakin lengkap, canggih, dan modern,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Warga Merauke Serahkan Senpi Rakitan dan Munisi ke TNI

“Graha Utama ini bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan akademis dan acara-acara militer,” tambahnya.

Sementara itu, Prabowo menyampaikan Graha Utama merupakan bagian dari upaya mewujudkan visi besar pembangunan dan pengembangan fasilitas pendidikan di institusi pendidikan militer.

“Diharapkan dapat memiliki peran sentral dalam membentuk watak, mental dan intelektualitas calon pemimpin TNI dan pemimpin bangsa,” kata Prabowo.

Baca Juga: Intip Aksi Heroik Prajurit Kopassus di Tontangkas

Ia juga berharap pembangunan sarana dan prasarana baru ini dapat meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan para taruna. “Serta dapat meningkatkan daya saing prajurit muda di kancah internasional,” lanjut Prabowo.

Gedung graha utama Akmil Magelang dibangun dengan luas 8.306 meter persegi dengan rincian lantai satu seluas 3.328 meter persegi, lantai dua dengan 2.617 meter persegi, dan disertai lantai tiga seluas 2.617 meter persegi. Kemudian, disertai pula renovasi perbaikan ruang makan untuk 1.200 taruna. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER