Selasa, 21 Mei 2024

Perkuat Taipur, Dua Prajurit PR 330 Kostrad Resmi Dilepas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Yonif Para Raider 330/TD Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto memimpin acara tradisi pelepasan anggota yang berpindah satuan. Dua personel yang pindah satuan adalah Prada Ali Aldiansah Pane dan Prada Joel Alvaro Per Angin Angin. Keduanya telah berhasil mengikuti dan menyelesaikan rangkaian pendidikan pengintai tempur (taipur) dan mendapatkan kehormatan untuk bergabung memperkuat satuan Taipur Kostrad.

Dalam amanatnya, Dedy menyampaikan bahwa pindah satuan adalah hal yang wajar di institusi TNI Angkatan Darat. Perpindahan ini, lanjutnya, bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pengembangan karier personel dan penyegaran organisasi guna menjawab tantangan tugas yang semakin kompleks.

Baca Juga: Panglima TNI: Kami Siap Bantu Pengamananan Lebaran 2023

“Saya ucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada personel yang pindah satuan atas dedikasi, loyalitas dan integritas yang ditunjukkan selama berdinas di Yonif PR 330/TD. Jadikan pengalaman yang diperoleh di Yonif PR 330/TD sebagai bekal berharga untuk mengemban tugas di satuan yang baru dan tetaplah menjaga tali silaturahmi,” ujar Dedy di lapangan upacara Yonif PR 330/TD, Nagreg, Kabupaten Bandung, Kamis (6/4).

Diketahui, Taipur merupakan singkatan dari Kompi Pengintai Tempur, pasukan elite yang berasal dari Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yang pada tahun 2001 dibentuk oleh Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu saat dirinya masih menjabat Panglima Kostrad.

Baca Juga: 57 Perwira TNI AL Selesai Jalani Dikmatra dan Dikaplikasi-1 di Kodiklatal

Pada awalnya Taipur bernama Peleton Intai Keamanan (Tintaikam) Brigade. Namun, pada tahun 2005 namanya kemudian diubah menjadi Peleton Intai Tempur (Tontaipur) dan selanjutnya menjadi Kompi Taipur.

Sebagai satuan elite, para prajurit Taipur memiliki berbagai keahlian khusus. Dilansir dari laman resmi Kostrad, keahlian tersebut yakni melakukan infiltrasi ke jantung musuh dengan senyap untuk melakukan sabotase, intelijen, dan operasi tempur dengan misi khusus. (nhn)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER