Selasa, 5 Maret 2024

57 Perwira TNI AL Selesai Jalani Dikmatra dan Dikaplikasi-1 di Kodiklatal

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 57 perwira TNI AL menuntaskan program pedidikan matra (Dikmatra) 1 dan pendidikan aplikasi (Dikaplikasi) 1 di Pusat Pendidikan Lanjutan Perwira (Pusdiklapa) Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal).

Penutupan pendidikan yang diikuti 57 perwira dengan rincian 51 siswa Dikmatra-1 dan enam siswa Dikaplikasi-1 tersebut dipimpin langsung Komandan Komando Pendidikan Operasi Laut (Dankodikopsla) Laksamana Pertama TNI Sigit Santoso di Bumimoro Surabaya. Kamis, (6/4).

Baca Juga: 7 Jabatan Utama Mabes TNI Dirombak, Ini Daftarnya

Dalam sambutannya, Sigit menyampaikan Dikmatra-1 adalah pendidikan setara Dikspespa TNI AL bagi perwira yang sebelumnya mengikuti pendidikan militer setingkat Dikspespa di luar TNI AL, baik di dalam maupun di luar negeri.

Kodiklatal
(Foto: Dok. Pen Kodiklatal)

Sedangkan Dikaplikasi-1 adalah pendidikan setara Dikspespa TNI AL bagi perwira yang sebelumnya tmengikuti pendidikan S-1 di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri, sesuai dengan kebijakan TNI AL.

“Pendidikan ini telah dilaksanakan di Sefung Pusdiklapa, yang diikuti 57 perwira berbagai Korps dan dinyatakan lulus 100 persen,” ucap Sigit dikutip dari keterangan Pen Kodiklatal, Jumat (7/4).

Baca Juga: Panglima TNI: Kami Siap Bantu Pengamananan Lebaran 2023

Adapun, kata Sigit, tujuan pendidikan ini adalah membekali perwira menjadi prajurit profesional yang akan bertugas sebagai Kepala Divisi (Kadiv) di KRI, Komandan Kompi di Batalyon Marinir, Kaur di Mabesal serta jabatan setingkat di organisasi TNI AL.

“Selama dua bulan para perwira dibekali ilmu dan ketrampilan dasar peperangan laut, kesenjataan dan administrasi umum yang didukung latihan praktik di KRI maupun tentang administrasi umum TNI AL,” jelasnya. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER