Jumat, 19 April 2024

Panglima TNI: Kami Siap Bantu Pengamananan Lebaran 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono akan mengerahkan kekuatan TNI untuk mendukung pengamanan arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Yudo mengatakan selain menyiapkan jajaran Satuan Komando Kewilayahan (Satkowil), TNI juga akan menyiagakan sejumlah alutsista untuk menjamin kelancaran momen tahunan tersebut.

“TNI juga menyiagakan alutsista untuk mendukung arus mudik maupun balik baik angkutan udara, laut atau darat apabila nanti diperlukan mengantisipasi peningkatan masyarakat yang akan mudik,” ujar Yudo, dikutip dari keterangan Pusat Penerangan TNI, Jumat (7/4).

Baca Juga: Kisah Sertu Adhamuddin Rela Sisihkan Gaji Demi Bangun Musala

Selain itu, langkah lain yang juga ditempuh Yudo adalah menerjunkan pasukan untuk menjaga keamanan bandara, pelabuhan serta objek vital strategis yang akan nonaktif sementara selama lebaran. Yudo juga menyebut TNI akan membantu kesediaan pangan hinngga membantu menekan kemungkinan terjadi kecelakaan dalam perjalanan mudik melalui laut.

“Untuk mengantisipasi banyaknya korban pada kecelakaan laut, penggunaan swimpes sangat membantu bila alat keselamatan lain tidak terpenuhi khususnya di daerah-daerah rawan mulai dari Madura, Sulawesi Selatan, Kaltim, Ambon dan Papua,” kata Yudo.

Baca Juga: 7 Jabatan Utama Mabes TNI Dirombak, Ini Daftarnya

Jumlah pergerakan masyarakat untuk mudik Lebaran 2023 diprediksi bakal melonjak ketimbang tahun sebelumnya. Sekitar 123,8 juta orang diperkirakan bakal melakukan pergerakan selama libur Lebaran 2023. Angka tersebut meningkat 44,8 persen atau 38,3 juta orang dari Lebaran 2022 di mana sekitar 85,5 juta orang tercatat melalukan perjalanan mudik. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER