Kamis, 30 Mei 2024

Panglima TNI Pastikan Tidak Relokasi Gudmurah Kodam Jaya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memastikan tidak akan merelokasi Gudang Amunisi Daerah (Gudmurah) Kodam Jaya TNI AD usai meledak dan terbakar pada Sabtu (30/3).

Mengutip viva.co.id pada Kamis (4/4), Agus menilai pelaksanaan gudang tersebut sejauh ini sudah sesuai standar operasional prosedur (SOP) sehingga hanya butuh perbaikan.

“Tidak akan direlokasi, hanya kita perbaiki karena itu sudah sesuai SOP,” kata Agus.

Baca Juga: Latihan Kerja F-16 Armament and Munition System Maintenance Depohar 60 Resmi Ditutup

Agus merinci SOP yang dimaksud adalah terpenuhinya kriteria pembangunan Gudmurah seperti keberadaan bungker (logeral) dan tanggul. Ia menyebut hal itu menjadi salah faktor nihil korban jiwa dalam ledakan tersebut.

“Sudah di bungker, sehingga tidak ada permasalahan korban jiwa, SOP sudah bagus. Bungker kemudian ada tanggul,” tutur Agus.

Terkait penanganan terkini pascaledakan Gudmurah Kodam Jaya, Agus menjelaskan pembersihan masih dilakukan oleh Pangdam Jaya dibantu satuan Jihandak dan POM. Ia mengatakan tim tersebut telah menyisir lokasi sejauh dua kilometer dari lokasi kejadian.

Baca Juga: Bertemu Menhan Minoru, Prabowo Ingin Tambah Kadet Sekolah di Jepang

“Itu kemungkinan ada selongsong atau serpihan-serpihan yang mengenai ke kampung-kampung kita sudah membuat tim dan Alhamdulillah sudah berjalan lancar,” ujar Agus.

Peristiwa kebakaran disertai ledakan terjadi gudang amunisi milik TNI Angkatan Darat di wilayah Ciangsana, Kabupaten Bogor. Dugaan sementara gesekan amunisi yang kedaluwarsa menjadi penyebab terjadinya ledakan dan kebakaran.

“Kalau sudah expired itu relatif sensitif, kena gesekan, kena gerakan, kena panas mudah meledak,” kata Agus. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER