Selasa, 25 Juni 2024

Misi Perdana, Helikopter Panther dan KRI Diponegoro-365 Operasi SAR di Laut Mediterania

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebulan pascatiba di Lebanon untuk menjalan misi perdamaian dunia, Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-O/UNIFIL berkontribusi dalam operasi Search and Rescue (SAR) di Laut Mediterania, Minggu (11/2) lalu.

Dikutip dari laman TNI AL, Kamis (15/2), helikopter AS565 MBe Panther HS-1305 melaksanakan SAR terhadap dugaan kapal pengungsi Suriah yang tenggelam di sekitar 40 mil laut lepas pantai Tripoli, Laut Mediterania atau berada di zona 1 utara area operasi MTF.

Baca Juga: KRI Radjiman Debarkasi Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina selama 4 Hari di Mesir

Informasi mengenai musibah tersebut didapat dari laporan warga ke Angkatan Bersenjata Laut Lebanon atau Lebanon Armed Force (LAF) Navy bahwa salah satu keluarga yang ada di kapal tersebut mengalami keadaan darurat.

Saat itu, KRI Diponegoro-365 yang juga sedang beroperasi di area tersebut, mendapatkan mandat untuk mencari posisi dugaan kapal tenggelam dan mempersiapkan proses evakuasi lebih lanjut.

Untuk mempercepat proses pencarian, helikopter Panther HS-1305 dengan captain pilot Kapten Laut (P) Rayendra Jaka dan copilot Lettu Laut (P/W) Michelle diperintahkan terbang dan melakukan pencarian di area sekitar posisi kapal sekitar jarak 10 mil laut dari KRI Diponegoro-365, menggunakan sensor Forward Looking Infra Red (FLIR).

Baca Juga: KRI Sultan Iskandar Muda-367 Akan Jalani Latihan Penembakan hingga Anti-kapal Selam di Latma MILAN 2024

Hasil pencarian di lokasi tersebut ditemukan satu mapal nelayan terapung tanpa awak. Setelah dilaksanakan pencarian selama dua jam, tidak ditemukan adanya kapal tenggelam maupun korban.

Laporan hasil pencarian tersebut kemudian diteruskan kepada MTF Commander dan LAF Navy. Mereka menyampaikan ucapan terima kasih kepada prajurit KRI Diponegoro-365 dan awak helikopter Panther HS-1305 atas kesigapan dan respon cepat terhadap informasi yang diberikan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER