Sabtu, 25 Mei 2024

KRI Sultan Iskandar Muda-367 Akan Jalani Latihan Penembakan hingga Anti-kapal Selam di Latma MILAN 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Sultan Iskandar Muda-367 dan helikopter Panther HS-1303 yang tergabung dalam Satgas Multilateral Naval Exercise MILAN 2024 akan mengikuti lima rangkaian latihan bersama di India.

Dikutip dari keterangan Dispenal, Kamis (15/2), kedua alutsista TNI AL itu bakal berlatih bersama 47 negara sahabat yang berlangsung dari 19-27 Februari di Kegiatan berlangsung mulai tanggal 19-27 Februari di Visakhapatnam dan Teluk Benggala, India.

Latihan bersama MILAN 2024 tersebut terbagi dalam dua tahap, yakni manuver darat (Harbour Phase) pada 19-23 Februari dan manuver laut (Sea Phase) di Perairan Teluk Benggala pada 24-27 Februari.

Baca Juga: Pengecekan Pasukan untuk Pemilu, KSAD Kunjungi Kodam I/BB

Kegiatan latihan meliputi Gunnery Exercise (Gunex), Air Defense Exercise (Adex), Combined Anti-submarine Exercise (Casex), pengendalian helikopter, dan peran penyelamatan kapal.

Komandan Satgas Latma MILAN 2024 TNI AL Letkol Laut (P) Mochamad Fuad Hasan, mengatakan berbagai aktivitas latihan tersebut bertujuan mempertahankan kemampuan dan profesionalisme sebagai prajurit matra laut.

“Sekaligus dalam upaya mengemban misi diplomasi TNI AL di kancah dunia,” kata Fuad.

Baca Juga: KRI Radjiman Debarkasi Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina selama 4 Hari di Mesir

Multilateral Naval Exercise MILAN merupakan latihan bersama multilateral yang dilaksanakan setiap dua tahun sekali antara Angkatan Laut India (Indian Navy) dengan negara-negara sahabat sejak 1995 silam.

Latihan bersama ini bertujuan meningkatkan kerja sama dan profesionalisme militer serta menambah pengetahuan dan pengalaman dalam operasi laut, melalui latihan multilateral berskala besar di laut. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER