Rabu, 28 Februari 2024

KSAL Pastikan Kapal Pemburu Ranjau Segera Perkuat TNI AL

BACA JUGA

Cianjur, IDM – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali memastikan kapal pemburu ranjau buatan Jerman segera memperkuat TNI AL. Ia mengatakan, peluncuran unit pertama akan dilakukan menjelang pertengahan 2023.

“Kapal pemburu ranjau mungkin bulan Mei baru akan diluncurkan dari Jerman,” ungkap Ali kepada awak media usai melakukan kegiatan penyaluran bantuan untuk warga terdampak gempa Cianjur, Sabtu (18/3). 

Baca Juga: Alumni Akabri 1989 bersama TNI AL Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Cianjur

Ali mengungkap, kapal pemburu ranjau Mine Counter-Measure Vessel (MCMV) tipe MHV-60 itu akan diluncurkan secara bertahap hingga memenuhi pesanan. 

“Ada dua, tapi satu dulu mungkin ya. Nanti satu lagi menyusul, tapi hanya selisih beberapa bulan dari yang pertama,” ungkap Ali. 

Sebelumnya, dua kapal pemburu ranjau tersebut dipesan oleh Kementerian Pertahanan (Kemhan) pada 2020. Kapal canggih itu mampu bekerja dengan cara deteksi, klasifikasi, identifikasi sasaran bawah permukaan yang menyerupai ranjau.

Baca Juga: Kunjungi Korban Gempa Cianjur, KSAL Pantau Dapur Umum Hingga Bermain dengan Anak-anak

Tak hanya mendeteksi, kapal pemburu ranjau itu juga dapat menghancurkan atau menetralisasi ranjau dengan sarana yang ada. Keunggulan lain dari MCMV yakni fungsi tambahan sebagai kapal survei alur dan kontur bawah air dan Search and Rescue (SAR) terbatas. (un)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER