Minggu, 14 April 2024

KRI Tuna-876 Akan Perkuat Koarmada I, Ini Spesifikasi Senjata Kapal PC-60 Made in Batam

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada I segera memiliki kapal perang jenis patroli cepat (PC)-60 meter yang dinamakan KRI Tuna-876.

Kapal PC-60 meter yang dibangun oleh PT Karimun Anugrah Sejati (KAS) itu telah dilakukan shipnaming serta launching oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali di Batam, Rabu (5/7).

Baca Juga: Jelang Praspa Capaja, Taruna Akmil Laksanakan Tradisi Korps Kirab Kota Magelang

KRI Tuna-876 ini sebagai kapal perang Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Panglima TNI nomor Kep/222/II/2023 tanggal 28 Februari 2023 dengan Nama KRI Tuna bernomor lambung 876 yang akan memperkuat Satuan Patroli Lantamal I Belawan.

KRI Tuna-876
(Foto: Dok. Dispenal)

Ali berharap, KRI Tuna-876 dapat berfungsi sebagai kapal patroli yang berkemampuan mendukung kegiatan-kegiatan operasi pada situasi damai maupun perang serta responsif terhadap segala bentuk penegakkan hukum di laut, dan misi kemanusiaan.

“Dengan adanya kapal PC-60 meter ini, akan meningkatkan kekuatan dan kemampuan melaksanakan tugas-tugas sebagai komponen utama pertahanan negara di laut,” ujar Ali dikutip dari keterangan Dispenal, Kamis (6/7).

Baca Juga: Kepala Bakamla RI Paparkan Strategi Wujudkan Tata Kelola Keamanan Laut

KRI Tuna-876 memiliki panjang keseluruhan 62,40 meter, lebar 8,80 meter, dan tinggi 19,37 meter, memiliki kecepatan maksimal 24 knot serta kecepatan jelajah sejauh 17 knots.

Kapal PC-60 meter ini juga dipersenjatai satu unit meriam kaliber 40 mm dan dua unit meriam kaliber 12,7 dengan jumlah personel pengawak 50 orang. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER