Kamis, 22 Februari 2024

Komandan PMPP Tinjau Kesiapan Satgas MTF XXVIII-O UNIFIL Sebelum ke Lebanon

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Pusat Misi Pemeliharan Perdamaian (PMPP) TNI Laksamana Muda Retiono Kunto memeriksa kesiapan Satgas Maritime Task Force (MTF) XXVIII-O UNIFIL yang tiba di Jakarta, Jumat (8/12).

Retiono memeriksa kesiapan 120 personel satgas beserta alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang terdiri dari KRI Diponegoro-365 dan satu unit helikopter Panther HS-1306 sebelum dilepas secara resmi oleh Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

Peninjauan menyeluruh dilaksanakan ke setiap bagian, mulai dari anjungan, Pusat Informasi Tempur (PIT), dapur, ruang kesehatan, laundry, mesin, bengkel mesin dan elektronika, rekreasi maupun akomodasi prajurit.

Baca Juga: KSAU Soroti Pentingnya SDM dalam Merespons Perkembangan Teknologi Militer

Selain itu, peninjauan juga mencakup kualifikasi, pendidikan, latihan, latar belakang penugasan, dan penguasaan bahasa dari prajurit Satgas.

UNIFIL
(Foto: Dok. Dispenal)

“Pemeriksaan kesiapan ini bertujuan melihat bagaimana kesiapan seluruh prajurit, meliputi kemampuan prajurit di bidang tugas dan tanggung jawab jabatan,” ujar Retiono, dikutip dari keterangan Dispenal, Sabtu (9/12).

“Serta perlengkapan yang telah diberikan baik perorangan maupun satuan dalam mendukung tugas yang akan dihadapi di daerah misi,” sambungnya.

Baca Juga: Marsdya TNI Tedi Rizalhadi Dilantik sebagai Panglima Koopsudnas

Lebih lanjut, ia menyampaikan peninjauan pada seluruh aspek yang dipersyaratkan PBB ini akan memberikan keyakinan terhadap keberhasilan tugas satgas sesuai mandat PBB.

“Misi perdamaian ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan mandat Dewan Keamanan PBB, di mana hal ini menunjukkan dunia internasional mempercayai TNI AL untuk mewujudkan perdamaian dunia,” jelas Retiono. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER