Selasa, 5 Maret 2024

Kolinlamil Gelar Pemantapan Pengetahuan Penegakan Hukum di Laut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Dinas Hukum Komando Lintas Laut Militer (Diskum Kolinlamil) menggelar latihan fungsional triwulan II 2023 untuk memberikan bekal pengetahuan guna penegakan hukum di laut.

Dikutip dari keterangan Dispen Kolinlamil, Kamis (22/6), latihan tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Hukum Kolinlamil Kolonel Laut (H/W) Roslin Panjaitan, di Mako Kolinlamil, Rabu kemarin.

Baca Juga: KRI Bung Karno-369 dan Tiga Kapal Perang TNI AL Bakal Dipasang Meriam Marlin 40

Materi hukum yang disampaikan dalam latihan meliputi rezim hukum laut, pemberkasan oleh unsur KRI dan prosedur tetap penegakan hukum laut yang masing-masing disampaikan oleh Perwira Diskum Kolinlamil.

Roslim menjelaskan, latihan tersebut adalah sarana meningkatkan kemampuan profesionalisme prajurit dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta dapat memahami dan mengerti pedoman tentang penanganan hukum di laut.

Baca Juga: Training of Trainers Beri Bekal yang Dibutuhkan Seorang Instruktur

“Ikuti setiap materi latihan fungsional Diskum Kolinlamil yang disampaikan para instruktur dengan penuh semangat, untuk menambah wawasan tentang hukum laut terkait prosedur tetap keamanan laut,” jelasnya.

Sebelumnya, sebagai negara dengan wilayah laut yang luas, Indonesia mempunyai konsekuensi untuk menghadapi berbagai pelanggaran hukum di laut dan kejahatan transnasional, seperti illegal fishing, trading, mining, drug trafficking hingga people smuggling. (at)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER