Selasa, 28 Mei 2024

Kodam Siliwangi Bangun Daerah Latihan Militer dengan Konsep Olahraga, Wisata, dan Ekologi

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangdam III/Slw Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah III/Slw Mia Kunto Arief Wibowo meresmikan Markas Komando (Mako) Daerah Latihan (Rahlat) Kodam III/Slw di Rancabali, Ciwidey, Bandung, Jawa Barat, Selasa (8/8).

Dalam keterangan resminya Penkodam III/Slw, Kamis, dikatakan bahwa pembangunan daerah latihan telah dirintis sejak tahun 2020 saat Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo menjabat sebagai Kasdam III/Slw dan pelaksanaan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Kodam III/Slw dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat itu pada bulan Oktober 2022 tahun lalu.

Baca Juga: Wara Lanud Ats Gelar Simposium Jelang HUT ke-60

“Alhamdulillah, Kodam III/Slw kini telah miliki Mako dan memiliki daerah latihan dibangun di atas tanah seluas 5.406,85 Hektar, yang terletak di daerah Rancabali, Ciwidey,” kata Pangdam.

Dalam kegiatan peresmian Mako Rahlat Rancabali, Pangdam III/Slw menerima paparan dari Kazidam III/Slw Kolonel Czi Rielman Yudha tentang Rencana Pembangunan Daerah Latihan Kodam III/Slw di Ciwidey Kompleks dilanjutkan dengan pemutaran video pembangunan Mako.

Kodam III/Slw
(Foto: Dok. Penkodam III/Slw)

Pada sambutan Pangdam yang disampaikan Kapendam III/Slw hal ini dilaksanakan untuk mewujudkan daerah lahan yang sesuai dengan standar dunia militer, Kodam menjalin kerjasama dengan Perum Perhutani Divisi Regional Jabar dan Banten juga bekerjasama dengan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, dibangun dengan luas tanah 5.406,85 Hektar. Sementara Markas Komando Latihan telah dibangun dimulai sejak bulan April 2023.

Baca Juga: Kolonel Donny Suharto Resmi Jabat Wadan Lantamal X Jayapura

Sedangkan untuk penyiapan medan latihan yang realistis lanjut Kapen, Kodam III/Slw membangun sebuah fasilitas latihan dengan konsep yang terintegrasi. Yaitu sarana latihan yang dapat meningkatkan kemampuan prajurit, disisi lain dengan lahan yang ada dapat memanfaatkan lahan tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitarnya.

Dengan terbangunnya Mako Rahlat di Rancabali ini di harapkan kedepannya juga dapat memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, yang outputnya untuk kesejahteraan. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER