Jumat, 19 April 2024

Jelang Peringatan HUT ke-78 RI, KSAU Tinjau Kesiapan Tim Demo Udara TNI AU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo mengungkapkan optimismenya terhadap kualitas serta profesionalisme yang akan ditampilkan oleh tim Demo Udara TNI AU pada peringatan HUT ke-78 RI.

“Tim TNI AU ini tidak hanya merepresentasikan keterampilan penerbangan tingkat tinggi, tetapi juga semangat dan tekad kuat untuk selalu memberikan yang terbaik,” ungkap Fadjar saat meninjau kesiapan tim Demo Udara di Terminal Selatan, Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (15/8).

Baca Juga: Kepala Staf Angkatan Darat Terima Medali Kehormatan Negara Kamboja

Pada kesempatan yang sama, KSAU turut memberi dukungan moral kepada para prajuritnya. “Para penonton mengharapkan pertunjukan udara yang mengagumkan serta menginspirasi dari para penerbang terbaik, yang siap mengibarkan bendera negara di langit biru,” imbuhnya.

anggota tim Demo Udara
Salah satu anggota tim Demo Udara yang memberikan paparan mengenai detail informasi misi Demo Udara TNI AU. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Tim Demo Udara TNI AU, menurut KSAU telah menjadi bagian penting dari berbagai perayaan hari-hari besar nasional serta kegiatan berskala internasional. “Dengan kesiapan yang terus ditingkatkan dan latihan intensif, para kru (personel) dapat mengukir prestasi gemilang dan membanggakan saat menunaikan tugas dari angkatan udara,” pungkasnya.

Dalam peninjauan kali ini, KSAU terlebih dahulu menerima briefing mengenai rencana penerbangan dari para anggota tim Demo Udara. Dengan demikian KSAU dapat memperoleh detail informasi mengenai misi ini, mulai dari tahap persiapan perencanaan sampai dengan pengakhiran pelaksanaan demo.

Baca Juga: Personel Skadron Udara 33 Lanud Ikuti Latma Pacific Airlift Rally 2023 di Filipina

Untuk diketahui, tim Demo Udara TNI AU akan menyuguhkan sejumlah penampilan di atas Istana Negara, meliputi terbang lintas (flypass) pesawat tempur F-16 Fighting Falcon dan pengibaran bendera Merah Putih raksasa (giant flag) dengan helikopter TNI AU. Khusus untuk misi giant flag, helikopter TNI AU akan berkolaborasi dengan helikopter dari matra TNI lainnya serta helikopter milik Polri.

Dua tim aerobatik kebanggaan TNI AU, Jupiter Aerobatic Team dan tim Pegasus juga akan unjuk aksi dan bermanuver dengan pesawat mereka masing-masing, yaitu pesawat KT-1B Woong Bee dan Helikopter Colibri. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER