Rabu, 28 Februari 2024

Jelang Latma Ausindo 2023, Pesawat Tempur hingga Pesawat Tanker RAAF Tiba di Manado

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komandan Lanud Sam Ratulangi (SRI) Manado Marsma TNI Muhammad Mujib menyambut kedatangan delegasi utama Angkatan Udara Australia (Royal Australian Air Force/RAAF) yang akan ambil bagian dalam latihan bersama (Latma) TNI AU dan RAAF bertajuk Latma Ausindo 2023.

Melansir keterangan TNI AU, Sabtu (16/9) dijelaskan, rombongan delegasi RAAF mendarat di Manado pada Jumat (15/9) dengan mengerahkan sejumlah pesawat, mulai dari 3 pesawat tempur F-35, 1 pesawat angkut C-17, hingga 1 pesawat tanker KC-30.

Baca Juga: Askomlek KSAU: Pengolahan Data TNI AU Butuh Infrastruktur Sistem dan Pengamanan yang Kuat

“Tujuan utama dari latihan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dan profesionalitas penerbang tempur dalam operasi bersama yang melibatkan pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU dari Skadron Udara 3 dan Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi, serta pesawat tempur F-35A dari RAAF,” tulis TNI AU dalam instagram resmi mereka, @militer.udara.

Pesawat tanker KC-30 milik RAAF
Pesawat tanker KC-30 milik RAAF yang dikerahkan dalam Latma Ausindo 2023. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Pada kesempatan yang sama, angkatan udara kedua negara dapat memperdalam hubungan persahabatan, sekaligus menjaga kesiapan serta kerja sama yang erat dalam menjaga keamanan dan stabilitas di wilayah Asia Pasifik.

Baca Juga: 3.394 Personel Gabungan TNI-Polri Akan Amankan Ajang MotoGP 13 Oktober Mendatang

Latihan Elang Ausindo 2023 turut menjadi bukti nyata atas kerja sama yang erat di antara Australia dan Indonesia dalam mengatasi tantangan keamanan bersama.

Adapun rangkaian latihan pada Latma Ausindo 2023 meliputi Dissimilar Basic Fighter Manuever, Dissimilar Air Combat Manuever, Offensive Counter Air, dan Defensive Counter Air. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER