Selasa, 25 Juni 2024

3.394 Personel Gabungan TNI-Polri Akan Amankan Ajang MotoGP 13 Oktober Mendatang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 3.394 personel gabungan TNI-Polri akan terlibat dalam pengamanan perhelatan MotoGP seri ke-16 yang akan berlangsung di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023.

Dilansir dari Antara, Kepala Bidang Humas Polda NTB Kombes Pol. Arman Asmara Syarifuddin di Mataram, Jumat, (15/9) merinci 3.394 personel gabungan ini terdiri dari TNI 175 personel, sisanya dari kepolisian.

Untuk personel kepolisian yang terlibat dalam pengamanan, jelas dia, berasal dari jajaran Polda NTB dan polres kabupaten/kota.

Baca Juga: Kisah Babinsa Pelda Imam Syafii, Ubah Sarang Miras Jadi Desa Wisata

“Ada juga dukungan personel dari Mabes Polri, jumlahnya 394 orang,” ujarnya.

Selain pelibatan personel, Polda NTB sebagai pengendali keamanan di luar areal Sirkuit Mandalika turut menerjunkan sarana pendukung keamanan, seperti kendaraan pengawalan tamu VVIP, anjing pelacak, dan alat pemindai narkotika.

Untuk pengamanan udara dan laut juga sudah disiapkan dari Direktorat Polairud NTB dengan mengerahkan helikopter AW-169 dan Kapal Baladewa 8002.

Target pengamanan, jelas dia, mengarah pada segala bentuk gangguan, mulai dari aksi pencurian, kemacetan arus lalu lintas, dan antisipasi teror.

Sejauh ini, Arman mengatakan bahwa pihaknya sudah melakukan pemetaan awal dengan membagi zonasi pengamanan menjadi tiga.

Baca Juga: Askomlek KSAU: Pengolahan Data TNI AU Butuh Infrastruktur Sistem dan Pengamanan yang Kuat

“Zona pertama itu mulai dari pintu masuk areal sirkuit sampai areal parkir kendaraan,” ucap dia.

Kemudian, zona kedua berada di jalur kendaraan yang masuk dari Bundaran Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) menuju kawasan parkir.

Zona terluar dimulai dari pintu kedatangan para penonton maupun tamu undangan, seperti di bandara dan pelabuhan. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER