Jumat, 19 April 2024

Jaga Militansi dan Asah Insting, Prajurit Kosek I Ikuti Latihan Menembak

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komando Sektor (Kosek) I menggelar latihan menembak Triwulan I Tahun 2023 di lapangan tembak Lanud Soewondo pada 28 Maret hingga 30 Maret 2023.

Latihan ini digelar sebagai upaya untuk mengasah keterampilan menembak dan menjaga militansi prajurit Kosek I. Komandan Kosek I Marsekal Pertama TNI Muhammad Nurdin dalam sambutannya mengungkapkan, keterampilan menembak merupakan suatu keahlian yang harus dimiliki oleh setiap prajurit.

Baca Juga: Prajurit Brigif PR 17 Kostrad Gelar Terjun Statik di Karawang

Layaknya pisau, keahlian itu harus selalu diasah melalui latihan yang digelar secara berkesinambungan dan terjadwal. Dengan demikian, nantinya para prajurit dapat menjaga naluri tempur mereka dalam menggunakan senjata. Selain itu, latihan rutin ini juga diharapkan dapat menjadi bekal dan mendukung prajurit dalam pelaksanaan tugasnya.

latihan menembak
Prajurit Kosek I saat melakukan latihan menembak dengan senjata laras pendek pada jarak tembak 20 meter. (Foto: Dok. Instagram @penkosek1)

“Insting menembak itu seperti pisau, yang bila tidak diasah akan tumpul dan berkarat, oleh sebab itu dengan latihan ini diharapkan kemampuan prajurit senantiasa terasah guna mendukung tugas yang diberikan oleh komando atas dengan selalu mengedepankan faktor keamanan dan keselamatan,” tambahnya.

Dikutip dari laman TNI AU, Jumat (31/3), latihan menembak kali ini terdiri dari latihan menembak menggunakan senjata laras panjang dengan jarak tembak sejauh 100 meter dan latihan menembak senjata laras pendek (pistol) dengan jarak tembak 20 meter.

Baca Juga: Apel Kesiapan HUT ke-77 TNI AU, Dandenmatra 2 Kopasgat: Berangkat Tugas dengan Kehormatan, Pulang dengan Kebanggaan

Dalam pelaksanaannya, masing-masing prajurit Kosek I berkesempatan menembak sebanyak 30 butir peluru dengan menggunakan senjata laras panjang. Sementara itu, saat menembak dengan senjata laras pendek (pistol), mereka hanya diberi kesempatan menembak dengan 10 butir peluru.

Selanjutnya, para peserta juga mendapat kesempatan untuk latihan kering atau mencoba senjata tanpa peluru/letusan, setelahnya mereka dapat melakukan percobaan menembak dengan menggunakan 3 butir peluru sebagai perkenaan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER