Jumat, 14 Juni 2024

Jaga Keamanan Perairan Papua-Maluku, Koarmada III Gelar Operasi Trisila 2024

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Koarmada III akan menggelar Operasi Trisila 2024 yang akan berlangsung selama 37 hari, yakni 27 April-2 Juni di perairan wilayah Papua dan Maluku. Selama operasi, para prajurit akan melakukan penegakan dan pengamanan terhadap para pengguna laut.

Sebelum pelaksanaan operasi, Pangkoarmada III Laksamana Muda Hersan memimpin apel gelar pasukan di Sorong, Papua Barat Daya, Kamis (25/4), untuk memeriksa dan memastikan kesiapan personel hingga unsur alat utama sistem persenjataan (alutsista) yang dikerahkan.

Baca Juga: TNI Gelar Operasi Bhakti Pascaerupsi Gunung Ruang

Hersan menekankan kesiapan personel dan material yang terlibat dalam Operasi Trisila 2024, seperti KRI Teluk Wondama-527 dan KRI dari Satuan Kapal Cepat Koarmada III, pesawat CN-235 dan helikopter, Pasmar 3, tank marinir hingga Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmda III.

Koarmada III
(Foto: Dok. Dispen Koarmada III)

“Pahami tanggung jawab masing-masing unsur tugas maupun kesiapan teknis alutsista sehingga pelaksanaan tahap manuver lapangan dapat terlaksana dengan efektif untuj mencapai sasaran yang diinginkan,” ujar Hersan, dikutip dari keterangan Dispen Koarmada III, Jumat (26/4).

Adapun operasi ini akan di mulai dari Sorong menuju ke Manokwari, dan di Manokwari akan dilaksanakan latihan pendaratan di Pantai Ransiki dan selanjutnya menuju ke Morotai, Ternate, Bacan, Timika dan berakhir kembali di Sorong.

Baca Juga: Sebanyak 220 Prajurit Garuda Dikirim ke Kongo, Akan Ditempatkan di 8 Area Konflik

Selain itu, pada saat sandar di pangkalan, Satgas Trisila 2024 juga akan melaksanakan kegiatan seperti Bakti Sosial, Karya Bakti, Open Ship serta pameran alitsista untuk meningkatkan rasa cinta terhadap TNI, khususnya angkatan laut.

“Tugas pokok Operasi Trisila adalah menjamin keamanan, melindungi kepentingan serta mencegah dan menangani segala bentuk pelanggaran hukum, membina kemampuan tempur unsur-unsur (Sistem Senjata Armada Terpadu) SSAT dalam gugus tugas dan membina potensi maritim di daerah operasi,” pungkas Hersan. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER