Kamis, 30 Mei 2024

Jadi Perhatian Khusus, TNI Sinyalir Akan Ada Konflik Horisontal di Pilkada Aceh

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto mengatakan salah satu daerah yang menjadi perhatian khusus untuk Pilkada tahun 2024 adalah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

“Satu daerah lagi yang harus dapat perhatian adalah provinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Masa tenang pemungutan suara Pileg dan Pilpres yang lalu terdapat beberapa kasus di Aceh yang memungkinkan akan terjadi hal yang sama pada pilkada serentak yang akan datang,” kata Panglima TNI saat rapat RDP dengan Komisi I, Kamis, (21/3).

Baca Juga: Warga Sumut Serahkan Belasan Senpi Rakitan ke TNI

Selain itu menurut Panglima, partai lokal aceh disinyalir sebagai wadah untuk mengakomodir aspirasi eks kombatan GAM. Dimana hal ini akan jadi pemicu konflik kepentingan antara bekas kombatan dengan non kombatan. Apabila hasil pilkada tidak memenuhi harapan salah satu paslon diperkirakan akan memantik potensi konflik horizontal.

“Kami juga melihat adanya potensi upaya penarikan perhatian massa dengan cara pengibaran bendera bulan bintang apabila hal ini terjadi tentunya dapat jadi provokasi massa bagi kelompok lainnya yang perlu antisipasi sejak dini,” katanya.

Baca Juga: Puslaiklambangjaau Gelar Rakornis, Selaraskan Pola Pikir untuk Wujudkan Safety Culture

Berdasarkan hal ini kata Panglima disimpulkan bahwa pilkada serentak 2024 perlu dapat perhatian serius khususnya terkait pengamanan yang menggelar pilkada mulai dari tahap pendaftaran, kampanye, masa tenang, pemungutan suara, perhitungan dan rekapitilasi suara hingga penetapan hasil Pilkada.

“Mitigasi yang dilakukan TNI tetap dalam posisi menjunjung tinggi netralitas dalam pilkada. Selanjutnya Satkowil aktif memantau gejala intoleransi dan ketidakharmonisan sosial. Satkowil juga melaksanakan kordinasi aktif dengan kpu pihak pihak terkait untuk menyusun renacana konsijensi pengamanan pilkada dihadapkan pada bencana alam. Dan lebih aktif melaksanakan pengamanan statis dan mobile dalam rangka melaksanakan pencegahan dini pada potensi ancaman bersenjata,” kata Panglima TNI. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER