Minggu, 16 Juni 2024

Ini Pesan Menko Polhukam untuk KSAU Tonny Harjono

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menitipkan sejumlah pesan kepada Marsekal TNI Tonny Harjono usai dilantik menjadi KSAU pada Jumat (5/4).

Salah satu pesan itu adalah berupaya penuh untuk mendukung pelaksanaan tugas pokok TNI dengan mempersiapkan kemampuan alutsista hingga personel matra udara.

“Tugas pokok yang pertama adalah pengamanan wilayah udara. Tentunya alutsista radar, kemudian alat pendukungnya,” kata Hadi, dikutip dari detik, Sabtu (6/4).

Baca Juga: PT PAL Nyatakan Semua Fasilitas Siap untuk Produksi Kapal Selam

Lebih rinci, Panglima TNI periode 2017-2021 juga berpesan agar KSAU yang baru mengerahkan kemampuannya untuk turut mengamankan Selat Malaka dan Natuna.

“Ini sangat penting karena permasalahan isu Selat Malaka terus ada dan adalah pengamanan laut natuna utara,” tutur dia.

Hadi yang juga pernah mejabat sebagai KSAU periode 2017-2018 mengingatkan peran TNI AU sangat penting, terutama dalam mengintai pergerakan di wilayah-wilayah perbatasan.

Baca Juga: Mudik Lebaran, TNI AL Kerahkan Puluhan Personel Jaga Pelabuhan Bakauheni

“Peran angkatan udara sangat penting di situ, baik pesawat tempur maupun pesawat angkut. Pesawat intai khususnya,” jelas Hadi.

Marsdya TNI Tonny Harjono resmi menduduki jabatan KSAU usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo. Ia menggantikan KSAU sebelumnya, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang purnatugas pada 1 Mei 2024. Serah terima jabatan KSAU digelar di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER