Minggu, 21 April 2024

HUT Ke-78 TNI, Jokowi Tekankan Skala Prioritas Belanja Alutsista: APBN Terbatas

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan sejumlah hal terkait belanja dan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI, pada HUT ke-78 TNI di Silang Monas, Jakarta, Kamis (5/10).

Jokowi mengatakan, modernisasi alutsista sangat diperlukan untuk memperkuat pertahan negara. Namun, dikarenakan anggaran negara sangat terbatas, ia menekankan belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak.

Baca Juga: Danwing Pendidikan 300/Teknik Tutup Pendidikan Sekolah Kejuruan Lanjutan TEMBSC dan JEMBSC

“APBN kita sangat terbatas, untuk kebutuhan kesejahteraan rakyat sangatlah besar sehingga belanja alutsista harus dilakukan dengan bijak, baik besaran dan peruntukannya,” ujar Jokowi dalam sambutannya saat memimpin upacara HUT ke-78 TNI.

Selain itu, Jokowi menyampaikan modernisaai alutsista harus menjadi bagian penting dari pengembangan investasi industri pertahanan (inhan) dalam negeri dengan cara transfer teknologi.

Baca Juga: Dipimpin Presiden Jokowi, Prabowo Hadiri Upacara HUT ke-78 TNI

“Transfer teknologi harus didorong, peningkatan sumber daya manusia (SDM), dan harus diutamakan produk dalam negeri,” kata Jokowi.

“Saya minta agar anggaran yang dimiliki sebisa mungkin harus dibelanjakan dan diputar kembali untuk rakyat, karena (anggaran negara) sulit mengumpulkan dan mendapatkannya,” imbuhnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER