Kamis, 30 Mei 2024

Dilantik Jokowi, Marsdya TNI Tonny Harjono Resmi Menjadi KSAU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Marsekal Madya (Marsdya) TNI Tonny Harjono sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru, bertempat di Istana Negara, Jakarta, Jumat (5/4).

Pelantikan tersebut dilaksanakan sesuai dengan Surat Keputusan Presiden Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Udara.

Tonny menggantikan KSAU sebelumnya, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo yang akan purnatugas dan memasuki masa pensiun pada 1 Mei 2024 mendatang.

Baca Juga: Indonesia – Malaysia Komitmen Jaga Stabilitas Kawasan

“Memutuskan, menetapkan dan memberhentikan dengan hormat Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU disertai ucapan terima kasih atas pengabdian dan jasanya yang telah disumbangkan bangsa dan republik Indonesia,” kata Sekretaris Militer Presiden Mayor Jenderal TNI Rudy Saladin.

“Kedua mengangkat Marsekal Madya Tonny Harjono sebagai KSAU,” sambungannya.

Dalam pelantikan tersebut, Presiden Jokowi juga mengambil sumpah jabatan Tonny sebagai KSAU.

Baca Juga: KSAD Lepas Keberangkatan 1.394 Pemudik ke Wilayah Jawa

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,” ujar Jokowi mendiktekan sumpah jabatan yang kemudian diikuti oleh Tonny.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” lanjut Jokowi.

Pada kesempatan yang sama, Tonny juga memperoleh kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Marsekal TNI, yang merujuk pada surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 26/TNI/Tahun 2024 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Baca Juga: Panglima TNI Tinjau Pos Terpadu Lebaran 2024 di Jawa Timur

Sebelum ditunjuk menjadi KSAU, Tonny tercatat pernah menempati sejumlah jabatan strategis, di antaranya Sekretaris Militer Presiden; Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan TNI Angkatan Udara (Dankodiklatau); Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas); hingga Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II.

Tonny tercatat menjadi lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) 1993 dan pernah menjadi ajudan Presiden Jokowi di tahun 2014. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER