Jumat, 19 April 2024

Angkatan Laut Indonesia-Australia Komitmen Tingkatkan Kerja Sama Pertahanan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Chief of Navy Australia Vice Admiral Mark Hammond mengunjungi Markas Besar Angkatan Laut, Cilangkap, Jakarta, Senin (20/3).

Kedatangan Mark disambut hangat oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali. Dalam pertemuan tersebut sejumlah poin penting untuk meningkatkan kerja sama, khususnya antara angkatan laut kedua negara.

Salah satunya, Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, latihan angkatan laut secara multilateral yang berisi materi latihan non-perang dengan mengedepankan kerja sama maritim antar negara peserta latihan.

Baca Juga: Terima Brevet Kehormatan Pomal, KSAL: Konsekuensi untuk Kontribusi Lebih Besar

Adapun materi latihan yang diberikan, penanggulangan bencana serta operasi kemanusiaan untuk mempererat hubungan antara TNI AL dengan negara-negara sahabat dan mewujudkan stabilitas keamanan di kawasan.

KSAL
(Foto: Dok. Dispenal).

“TNI AL akan segera menggelar 4th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023, tentunya kami sangat berharap Australia sebagai salah satu negara sahabat yang ada di kawasan, dapat ikut serta dan berpartisipasi dalam latihan yang akan digelar pada Juni mendatang,” ucap Ali dikutip dari keterangan Dispenal, Selasa (21/3).

Di kesempatang yang sama, Mark merespon positif rencana TNI AL tersebut. Menurutnya MNEK 2023 yang akan digelar di wilayah Makassar nanti akan membantu melatih kewaspadaan angkatan laut dalam merespon bencana alam yang mungkin terjadi kapan dan di mana saja.

Baca Juga: Pangdam III/Siliwangi: Menhan Prabowo Apresiasi dan Akan Kembangkan Inovasi BIOS 44 DC

Selain pelaksanaan latihan MNEK 2023 juga dilaksanakan International Maritime Security Symposium (IMSS) dan International Fleet Review (IFR).

Rangkaian kegiatan dalam MNEK juga akan digelar sejumlah kegiatan meliputi pembangunan fasilitas umum atau Engineering Civic Action Programme (ENCAP), bakti kesehatan atau Medical Civic Action Programme (MEDCAP), parade kota, program budaya, pameran maritim, program kuliner, hingga pelaksanaan sailing pass dari kapal-kapal seluruh negara yang turut serta. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER