Selasa, 21 Mei 2024

Pangdam III/Siliwangi: Menhan Prabowo Apresiasi dan Akan Kembangkan Inovasi BIOS 44 DC

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto sangat mengapresiasi inovasi ciptaan Kodam III/Siliwangi yaitu BIOS 44 DC. Hal ini ia katakannya usai menerima kunjungan Prabowo ke Kodam III/Siliwangi, Selasa, (14/3) kemarin.

“Saat kunjungan tersebut Menhan Prabowo sangat antusias mengamati dan mendengarkan penjelasan terkait inovasi BIOS 44 DC. Menurut Menhan, teknologi BIOS 44 DC dapat menjawab keluhan para petani tentang persoalan pupuk,” kata Pangdam III/Siliwangi.

Baca Juga: Usai Terima Brevet Cakra, 500 Prajurit Kostrad Siap Dikirim ke Medan Operasi

Menhan mengatakan BIOS 44 DC bisa diproduksi menjadi pupuk-pupuk dengan bakteri mikroba yang sangat efisien dan produktif, sangat murah, ini sangat membanggakan.

pupuk
Produk BIOS 44 DC (Foto: Tim Media Prabowo Subianto)

“Menhan juga berencana akan mengembangkan pupuk BIOS – 44 DC hasil inovasi teknologi terapan Kodam III/ Siliwangi, untuk mengatasi masalah pertanian dan bakal menguji coba pupuk BIOS 44 DC itu di lahan sekitar 20 hektare di sejumlah daerah. Jika berhasil, selanjutnya akan dipaparkan ke Presiden Joko Widodo, Menteri Pertanian dan Menristek,” kata Pangdam III/Siliwangi.

BIOS 44 DC merupakan cairan dari jenis perpaduan beberapa mikroorganisme yang disatukan. Cairan tersebut, berfungsi memperkecil hingga menutupi rongga-rongga yang ada lahan gambut dalam tempo tertentu.

Baca Juga: Pertajam Insting Tempur, Prajurit Yonko 464 Kopasgat Gelar Latihan Menembak Malam

BIOS 44 DC memiliki kemampuan menetralisir kadar asam air, peningkatan produktivitas hasil perkebunan dan pertanian serta membuat lahan eks tambang menjadi layak ditanami. Bahkan teknologi ini mampu membuat air kolam pemeliharaan ikan tetap bersih tanpa harus mengganti rutin dan hasil budidaya ikannya pun meningkat.

Penggunaan Bios 44 DC, dapat menekan biaya produksi yang harus dikeluarkan petani dan peternak hingga 30 persen. Dari sisi kandungan bahan, Bios 44 DC dipastikan aman karena mudah terurai. Pemanfaatan Bios 44 DC pada sektor pertanian ini juga aman untuk kesehatan. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER