Jumat, 19 April 2024

Pertajam Insting Tempur, Prajurit Yonko 464 Kopasgat Gelar Latihan Menembak Malam

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Setiap personel Kopasgat dituntut untuk dapat melakukan operasi dalam berbagai kondisi, salah satunya operasi yang digelar di malam hari. Keterampilan wajib inilah yang coba diasah oleh prajurit Batalyon Komando (Yonko) 464 Kopasgat melalui latihan Uji Terampil Perorangan (UTP) materi menembak malam, Rabu (15/3).

Pada dasarnya, kemampuan menembak malam merupakan kemampuan dasar bagi seorang prajurit yang membutuhkan ketenangan, ketahanan, dan pengontrolan diri serta konsentrasi yang tinggi. Melalui latihan ini para prajurit Yonko 464 Kopasgat juga dapat melatih insting, naluri, dan kepekaan saat menembak pada malam hari.

Yonko 464 Kopasgat
(Foto: Dok. Instagram @kopasgat_tniau)

Sementara itu jika berbicara perihal tantangan dan kesulitan, Komandan Batalyon Komando 464 Kopasgat, Letkol Pas Puthut pun mengakui jika menembak malam memiliki tantangan dan kesulitan tersendiri. Pasalnya cahaya sangat berpengaruh pada pembuatan gambar bidik maupun sebagai tanda untuk mengetahui sasaran, sehingga menembak malam memiliki tantangan tersendiri jika dibandingkan dengan menembak pada siang hari.

Baca Juga: Usai Terima Brevet Cakra, 500 Prajurit Kostrad Siap Dikirim ke Medan Operasi

“Menembak malam (digelar) untuk meningkatkan kemampuan dan naluri tempur baik siang maupun malam hari bagi seluruh prajurit guna mendukung tugas – tugas ke depan yang semakin kompleks,” pungkas Puthut seperti dikutip dari keterangan Penerangan Kopasgat dalam akun Instagram @kopasgat_tniau, Kamis (16/3).

Sementara itu, Wadanyonko 464 Kopasgat, Mayor Pas M. Riski Natsir yang memimpin kegiatan ini berpesan agar seluruh prajurit dapat selalu menjaga keamanan (safety) selama mengikuti latihan menembak malam. “Ikuti apa yang diinstruksikan dan pelajari materi yang diberikan oleh pelatih, serta sesuaikan dengan prosedur yang berlaku,” ungkapnya. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER