Sabtu, 15 Juni 2024

200 Putra Papua Direkrut Jadi Komcad

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Sebanyak 200 pemuda terbaik dari Papua Barat dan Papua Barat Daya direkrut Kodam XVIII/Kasuari menjadi prajurit Komponen Cadangan (Komcad).

Mereka pun mengikuti sidang Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) di aula Makodam, Trikora, Manokwari, Papua Barat, Jumat (5/5).

Pangdam XVIII/Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema mengatakan personel Komcad yang terpilih adalah personel yang memenuhi syarat dan kriteria fisik dan non fisik yang ditentukan sebelum mereka dididik dan dilatih di Rindam XVIII/Kasuari.

Baca Juga: TNI AU Tambah Kekuatan Personel Usai Melantik 518 Prajurit Bintara

“Kehadiran Komcad akan memperkuat TNI sebagai komponen utama pertahanan negara. Dimana pada situasi yang genting, Komcad akan sangat dibutuhkan untuk membantu TNI di bidang pertahanan,” ujar Pangdam.

Kodam XVIII/Kasuari
(Foto: Penerangan Kodam XVIII/Kasuari)

Pangdam menyadari memilih pemuda-pemuda terbaik dari Papua Barat dan Papua Barat Daya bukanlah tugas yang mudah. Itulah mengapa ia meminta agar para panitia seleksi dapat melakukan tugas mulia ini dengan sungguh-sungguh.

Baca Juga: Ini Peran Penting Pushidrosal di Forum Hidrooseanografi Dunia

”Kita akan merekrut sebanyak 200 orang, selanjutnya akan mengikuti tahap pendidikan dan pembentukan menjadi anggota Komcad yang memiliki sikap dan perilaku yang baik, memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar militer, serta ketahanan pangan dan kondisi jasmani yang samapta,” kata Pangdam.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 mengenai pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER