Minggu, 14 April 2024

Uji Kesiapan Kogabwilhan, Latihan Gabungan TNI Digelar Agustus 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengatakan pihaknya bakal menggelar Latihan Gabungan (Latgab) TNI pada Agustus 2023. Latgab 2023 yang terdiri dari berbagai operasi digelar untuk menguji kesiapan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kogabwilhan).

“Dalam situasi damai ini kita harus siap perang, menyiapkan profesionalisme prajurit dan alutsista yang ada, bagaimana kita siapkan perang itu, pembinaannya melalui latihan-latihan,” kata Yudo, dikutip dari Kumparan, Senin (17/7).

Baca Juga: KSAD dan Komandan Jenderal Angkatan Darat Filipina Bahas Sejumlah Kerja Sama Militer

Yudo merinci Latgab 2023 bakal diikuti oleh personel Kogabwilhan I, II dan III. Sejumlah latihan yang bakal dilakukan terdiri dari operasi lintas udara, laut gabungan, udara gabungan, amfibi, darat gabungan, operasi pendaratan, dan latihan daratan khusus dan operasi dukungan.

Sementara untuk lokasi gelar Latgab 2023, Yudo mengatakan latihan untuk Kogabwilhan I bakal diadakan di Dabo Singkep, Kepuluan Riau. Lalu, Kogabwilhan II diadakan di Asembagus, Jawa Timur, dan Kogabwilhan III diadakan di Ransiki, Papua Barat.

Baca Juga: Ratusan Personel TNI Ikut Latgabma Talisman Sabre 2023 di Australia

Latgab 2023 itu nantinya bakal diikuti oleh 7.500 prajurit yang berasal dari tiga matra, yakni Angkatan Darat (TNI AD), Angkatan Laut (TNI AL), dan Angkatan Udara (TNI AU). Berbagai alat utama sistem pertahanan (alutsista) milik TNI juga akan dikerahkan untuk latihan gabungan tersebut. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER