Sabtu, 25 Mei 2024

Sosialisasi P4GN, Upaya TNI AU Cegah Penyalahgunaan Narkoba oleh Personel

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) menggelar sosialisasi Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di Lanud TGKH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Rembiga, Mataram, Lombok beberapa waktu lalu.

Dalam sambutan tertulisnya, Danpuspomau Marsma TNI Pipik Krispiarto selaku Dansatgas P4GN mengungkap bahwa narkoba merupakan ancaman nyata bagi semua negara di dunia, tidak terkecuali Indonesia.

“Narkoba juga menjadi salah satu permasalahan nasional yang menjadi atensi pemerintah karena menyebabkan rusaknya moral bangsa. Oleh karena itu jangan sekali-kali mencoba narkoba, sekali mencoba masa depan yang cerah akan lenyap,” sambung Pipik dikutip dari keterangan Dispenau, Jumat (29/8).

Baca Juga: TNI AU dan RAAF Sukses Rampungkan Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

Dansatgas P4GN menambahkan, konsumsi narkoba dapat memberi dampak negatif bagi kesehatan. Barang haram tersebut, kata Pipik, dapat menimbulkan efek adiktif yang kemudian berpotensi mengancurkan serta menyerang organ vital tubuh seperti merusak sistem peredaran darah; merusak sistem imun tubuh; dan merusak sistem saraf otak yang mengakibatkan kemampuan berpikir menjadi lemah.

Selaku tuan rumah, Danlanud TGKH Zainuddin Abdul Madjid (ZAM), Kolonel Pnb Erwin Sugiandi merespons positif dan berterima kasih atas terselenggaranya sosialisasi ini. Erwin berharap, kegiatan ini dapat menambah bekal, wawasan serta pengetahuan tentang bahaya narkoba kepada para personel.

P4GN
Pemeriksaan urine kepada 113 personel oleh petugas Pomau. (Foto: Dok. Dispenau)

“Dengan demikian, anggota lebih siap dalam memerangi dan terhindar dari penyalahgunaan serta peredaran narkoba,” ungkap Danlanud TGKH ZAM.

Pelaksanaan sosialisasi ini diawali dengan pemeriksaan urine kepada 113 personel oleh petugas Pomau dengan hasil negatif.

Baca Juga: Jaga Netralitas Jelang Pemilu, TNI Bakal Beri Sanksi Prajurit Terlibat Politik Praktis

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sejumlah materi pembekalan. Pertama, materi mengenai pemahaman dan pengetahuan yang ditimbulkan akibat pemakaian narkoba dari aspek kesehatan oleh Letkol Kes Wartono.

Selanjutnya adalah pembekalan P4GN dari aspek hukum yang disampaikan oleh Letkol Sus Drs. Eko Suprih Darmanto.

Selain itu, terdapat materi pemahaman mengenai proses penanganan tindak pidana narkotika di lingkungan TNI AU oleh Katim Kolonel Pom Tatiet Rozadi; dan pemahaman, perspektif serta implementasi dari aspek pembinaan rohani yang disampaikan oleh Letkol Sus Ahmad Mediansyah. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER