Selasa, 25 Juni 2024

TNI AU dan RAAF Sukses Rampungkan Latihan Bersama Elang Ausindo 2023

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) dan Royal Australian Air Force (RAAF) berhasil merampungkan rangkaian kegiatan dalam latihan bersama (latma) Elang Ausindo 2023 yang telah berlangsung sejak 18 sampai 26 September 2023.

Latma tersebut kemudian ditutup secara resmi oleh Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas), Marsdya TNI M. Tonny Harjono bersama Air Vice Marshall (AVM) RAAF, Glen Edward Braz di Bandara Internasional Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Rabu (27/9).

Baca Juga: Prajurit Yonif MR 412 Kostrad Latihan Menembak di Ranpur Tank M113 A1

Dalam sambutannya, Tonny mengungkapkan bahwa latma ini menjadi salah satu wujud nyata dari hubungan bilateral yang baik di antara TNI AU dan RAAF. Selain latma, menurut Tonny, angkatan udara kedua negara juga melakukan sejumlah kolaborasi dan kerja sama pertahanan lainnya melalui kunjungan kehormatan maupun pertukaran perwira pelajar dalam program pendidikan.

Panglima Koopsudnas, Marsdya TNI M. Tonny Harjono
Panglima Koopsudnas, Marsdya TNI M. Tonny Harjono saat menutup latma Elang Ausindo 2023. (Foto: Dok. Instagram @koops_udara_nasional)

“Tahun ini, kita merayakan 30 tahun kerja sama latihan Elang Ausindo yang ditandai dengan hadirnya pesawat tempur F-35 untuk pertama kalinya di langit Indonesia guna mendukung latihan bersama ini”, ungkap Tonny dikutip dari keterangan foto dalam instagram @koops_udara_nasional, Jumat (28/9).

Panglima Koopsudnas mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kerja keras semua pihak yang terlibat dalam latma ini. “Terima kasih juga disampaikan kepada delegasi RAAF untuk pengalaman dan pengetahuan yang sudah diberikan selama latihan bersama dilaksanakan,” imbuh Tonny.

Baca Juga: Panglima TNI Mutasi 19 Pati TNI AD, Ini Nama-namanya

Untuk diketahui, TNI AU dan RAAF masing-masing mengerahkan unsur pesawat tempurnya dalam latihan tahun ini. TNI AU dilaporkan mengerahkan unsur F-16, sementara RAAF hadir dengan pesawat tempur F-35. Kedua jenis pesawat tempur tersebut diawaki oleh para personel TNI AU dan RAAF untuk menguji keterampilan penerbangan sekaligus strategi pertahanan udara.

Selain peswat tempur, unsur alutsista pendukung lainnya yang terlibat dalam latihan tahun ini adalah Heli NAS-332 Super Puma TNI AU dari Skadron Udara 6 Wing Udara 4 Lanud Atang Sendjaja Bogor. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER