Rabu, 24 April 2024

Sertijab Dankopasgat, KSAU: Adaptif dan Tingkatkan Kemampuan untuk Hadapi Perang Modern

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat) TNI Angkatan Udara (TNI AU) kini memiliki pucuk pimpinan baru. Jabatan strategis tersebut kini diemban oleh Marsda TNI Wahyu Hidayat usai acara serah terima jabatan (Sertijab) yang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo di Mako Kopasgat, Bandung, Senin (6/3).

Dikutip dari keterangan Dispenau, Selasa (7/3), Wahyu sebelumnya tercatat mengemban amanat sebagai Komandan Paspamres. Sementara itu, pejabat Dankopasgat yang lama yakni Marsda TNI Tapin Hasan akan menempati posisi baru di Mabes TNI.

Baca Juga: Momen Kebersamaan Prabowo dan Presiden MBZ di UEA, Pererat Kerja Sama Pertahanan

Dalam amanatnya, Fadjar berpesan agar satuan elite TNI AU ini selalu beradaptasi dengan dinamika dan tantangan tugas di masa depan, khususnya yang terkait dengan perang modern.

KSAU
KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo saat mengecek kesiapan prajurit dalam upacara serah terima jabatan Komandan Kopasgat TNI AU. (Foto: Dok. Dispenau)

“Kopasgat dituntut mampu menghadapi tantangan perang modern mulai dari perang asimetris, hibrida, siber, proksi, hingga melaksanakan network centric warfare,” ungkapnya.

Salah satu upaya untuk bisa menjawab tantangan tersebut adalah dengan meningkatkan kualitas para personel. Untuk itu, KSAU menegaskan jika Komandan Kopasgat memiliki peran penting dalam pembangunan dan pembinaan, baik dari sisi personel maupun satuan.

Baca Juga: Enam Perwira TNI AU Pelajari Strategi Manajemen Pertempuran Udara di Prancis

Para prajurit Kopasgat TNI AU harus terus berupaya meningkatkan kualitas diri melalui pendidikan dan latihan, termasuk di dalamnya meningkatkan kemampuan akademis serta literasi.

Selain untuk menjawab tantangan tugas, peningkatan kualitas tersebut juga akan bermanfaat sebagai modal dalam menghadapi persaingan di era global yang semakin kompetitif. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER