Rotasi Jenderal TNI, Letjen Muhammad Herindra Jabat Kasum TNI

35
Photo: Dok. Puspen TNI

Jakarta, IDM – Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto kembali melakukan mutasi jabatan di lingkungan TNI. Mutasi ini dalam rangka memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karier, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis. Salah satu perwira yang dimutasi adalah Letnan Jenderal TNI Muhamad Herindra, mantan Danjen Kopassus. Letjen Herindra dimutasi menjadi Kasum TNI. Sebelumnya Herindra menjabat sebagai Irjen TNI. 

Demikian keterangan pers yang dikeluarkan Pusat Penerangan TNI di Jakarta, Kamis (22/10).

Menurut Puspen TNI, mutasi 47 perwira tinggi in berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/835/X/2020 tanggal 21 Oktober 2020 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI. Tercatat ada 47 Perwira Tinggi (Pati TNI) yang dimutasi terdiri dari 16 Pati TNI AD 19 Pati TNI AL dan 12 Pati TNI AU.

Menurut keterangan pers Puspen TNI, dari 16 Pati TNI AD yang dimutasi, ada dua Pati bintang tiga yang dimutasi. Dua jenderal bintang tiga yang dimutasi itu adalah Letjen TNI Joni Supriyanto dan Letjen TNI Muhamad Herindra. Letjen Joni Supriyanto dimutasi menjadi Kepala Bais TNI. Sebelumnya mantan Pangdam Jaya ini menjabat sebagai Kasus TNI.

Sementara Letjen Muhamad Herindra dimutasi menjadi Kasum TNI menggantikan Letjen Joni Supriyanto yang digeser menjadi Kepala Bais TNI. Sementara jabatan Irjen akan diisi oleh Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, yang sebelumnya menjabat sebagai Danjen Akademi TNI.

Selanjutnya posisi Danjen TNI akan dipegang oleh Marsda TNI Tamsil Gustari Malik yang sebelumnya menjabat Asintel Kasau. Jabatan Asintel Kasau selanjutnya akan dijabat oleh Marsda TNI M. Fadjar Sumarijadji, yang sebelumnya menempati posisi sebagai Sekretaris Bais TNI. Untuk posisi Sekretaris Bais TNI akan diisi oleh Marsma TNI Jemi Trisonjaya yang sebelumnya menjabat sebagai  Wadan Seskoau.

Perwira TNI AD lainnya yang dimutasi adalah Mayjen TNI Suharyanto. Dalam mutasi kali Mayjen Suharyanto yang sebelumnya menjabat Sesmilpres Kemensetneg dimutasi menjadi Pangdam V/Brawijaya. Sementara Mayjen TNI Benny Susianto yang sebelumnya menjabat  Pa Sahli Tk. III Kasad Bid. Wassus dan LH Kasad dimutasi menjadi Irjenad menggantikan Letjen TNI Mochamad Effendi yang menjadi Pati Mabes TNI AD dalam rangka pensiun. (rgp/wan)