Kamis, 13 Juni 2024

Rekor Tercipta, 4.349 Pelajar Ikuti Literasi Bela Negara Serentak di Perbatasan RI-RDTL

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas Pamtas RI-RDTL sektor barat Yonkav 6/Naga Karimata sukses mencatat rekor literasi Bela Negara serentak kepada pelajar terbanyak. Rekor ini langsung diserahkan Ketua Umum Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID), Paulus Pangka kepada Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonkav 6/Naga Karimata, Letkol Kav. Ronald Tampubolon, Senin, (10/6).

Baca Juga: Bertemu Raja Yordania, Prabowo Bahas Bantuan Kemanusiaan dan Perlindungan untuk Gaza

Dilansir keterangan dari Penerangan Yonkav 6/Naga Karimata, Selasa, (11/6) total kegiatan ini diikuti sebanyak 4.349 pelajar dari 42 sekolah yaitu 22 Sekolah Dasar (SD), 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP), 1 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan 6 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Perbatasan RI-RDTL Distrik Oecusse.

Yonkav 6/Naga Karimata
(Foto: Dok. Penerangan Yonkav 6/Naga Karimata)

Dansatgas menjelaskan literasi yang diberikan kepada pelajar meliputi materi tentang bela negara, cinta tanah air dalam wujud belajar yang rajin, cinta budaya dan lain sebagainya.

Baca Juga: TNI Rintis Kembali Sekolah Dasar di Homeyo, Pascadibakar OPM

“Selama 8 bulan bertugas di Perbatasan RI-RDTL Distrik Oecusse, selain menjaga tapal batas, Yonkav 6/Naga Karimata lebih fokus pada pembangunan fisik. Pembangunan fisik ini penting namun, pembangunan non fisik seperti literasi Bela Negara ini lebih penting yaitu membentuk karakter dari SDM anak-anak kita yang ada di perbatasan. Pasalnya, generasi muda saat ini yang akan menggantikan peranan semua orang saat ini di era mereka nanti. Hal ini senada dengan wacana pemerintah untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045,” kata Dansatgas. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER