Senin, 27 Mei 2024

Proses Evakuasi Pesawat SAM Air dengan Helikopter Caracal TNI AU

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan unsur helikopter EC 725 Caracal dan sejumlah personel Kopasgat untuk tergabung dalam tim SAR gabungan evakuasi pesawat milik SAM Air yang jatuh di Yalimo, Papua Pegunungan, Jumat (23/6) pekan lalu.

Selain unsur TNI AU, tim SAR gabungan dalam misi kali ini terdiri dari personel Basarnas serta unsur SAR daerah Papua. Mereka telah berupaya melakukan proses evakuasi sejak Sabtu (24/6). Namun, dalam implementasinya, proses evakuasi ini tidaklah mudah.

Baca Juga: Gubernur Akmil Kunjungi Royal Military College Bahas Pertukaran Cadet

Pada pelaksanaan SAR hari pertama, tim belum berhasil lantaran kondisi cuaca yang buruk. Kemudian, pada hari kedua, Minggu (25/6), TNI AU mengerahkan satu helikopter EC 725 Caracal dengan 7 kru, 3 personel Kopasgat, serta 3 personel Basarnas.

SAR
Personel TNI AU yang tergabung dalam tim SAR gabungan evakuasi pesawat SAM Air. (Foto: Dok. Dispenau)

Saat itu, helikopter berhasil menurunkan 6 personel SAR di dropping zone, di mana mereka bertugas untuk melakukan proses evakuasi korban di lokasi jatuhnya pesawat.

Tim sudah berupaya melakukan penyusuran dari titik dropping ke arah barat dengan radius 200 m, tetapi belum menemukan korban, karena medan yang cukup ekstrim dan hutan lebat. Dengan fakta tersebut, tim SAR memutuskan kembali ke titik dropping, dan SAR dihentikan sementara.

Baca Juga: Taruna Akademi Penerbang Indonesia Terima Brevet Jungle and Sea Survival

“Tim SAR kembali melakukan pencarian korban. Untuk meningkatkan kemampuan SAR, selain melibatkan helikopter Caracal TNI AU, misi SAR juga ditambah satu unit helikopter SAR dari PT. Intan Angkasa Air Service, serta 12 personel gabungan dari Kopasgat, Basarnas dan Yonif 756/WMN, serta perlengkapan tambahan untuk SAR,” ungkap Danlanud Silaspapare Jayapura, Marsma TNI Dadan Gunawan, dikutip dari keterangan Dispenau.

Sebelumnya dilaporkan, pesawat SAM Air PK-SMW yang diawaki oleh Capt Hari Permadi, copilot Levi Murib serta empat penumpang lainnya dilaporkan jatuh di pegunungan Yalimo, Papua.

Pesawat milik SAM Air tersebut terbang dari bandara Elelim Yalimo Papua Pegunungan dengan tujuan distrik Poik, Yalimo Papua. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER