Sabtu, 15 Juni 2024

Prajurit Kostrad Tangkap Satu Anggota KKB, Diduga Terlibat 4 Aksi Teror

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit dari Satgas Yonif Raider 303 Divif 1 Kostrad berhasil menangkap salah satu terduga anggota Kelompok Separatis Teroris Papua (KSTP) bernama Yomison Murib di Jalan Wako, Kampung Wako, Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Kamis, (6/4).

Dilansir dari keterangan resminya Penkostrad, Minggu, (9/4) kronologi penangkapan ini bermula dari anggota Pos Kotis Ilaga dan Pos Kodim Persiapan Satgas Pamtas RI-PNG Mobile Yonif Raider 303/SSM melaksanakan swepping karena mendapatkan informasi bahwa terdapat enam orang mencurigakan keluar dari Honai Numbuk Talenggen dengan menggunakan motor secara berpencar.

Baca Juga: Mesin Pengolah Sampah Inovasi Pangdam III/Siliwangi Kini Digunakan Para Pelaku Usaha

“Dari hasil pemeriksaan ditemukan satu orang yang dicurigai menggunakan kendaraan sepeda motor (motor KLX warna Kuning), kemudian dilakukan pemeriksaan terhadap identitas dan ditemukan foto dan video yang berhubungan dengan KSTP,” tulis keterangan Penkostrad.

Yomison Murib
Yomison Murib terduga anggota KKB yang ditangkap. (Foto: Penkostrad)

Selanjutnya orang tersebut diamankan dan dilakukan interogasi oleh Staf Intel Satgas Yonif Raider 303/SSM.

“Hasil interogasi orang yang tersebut mengakui bahwa dirinya bernama Yomison, Yomison sendiri adalah anggota KKB OPM yang diketahui merupakan anak buah dari pimpinan TPNPB-OPM Puncak, Numbuk Telenggen dan Pilanus Walker. Yomison juga pernah terlibat dalam beberapa aksi yang berujung tewasnya beberapa warga sipil, termasuk TNI-Polri,” jelas keterangan Penkostrad.

Baca Juga: Ngabuburit Seru ala Prajurit Kostrad Join Game Bareng Komunitas Sabre Squad

Berikut data Penkostrad keterlibatan Yomison dalam beberapa aksi teror:

  1. Penembakan terhadap tukang ojek atas nama Udin yang meninggal dunia pada tanggal 14 April 2021 di Kampung Eromaga, Distrik Omukia, Kabupaten Puncak
  2. Pembakaran Tower BTS pada tanggal 3 Januari 2021
  3. Pembakaran Helicopter UP MI815 Milik PT. Ersa di Bandara Aminggaru tanggal 11 April 2021
  4. Penembakan terhadap anggota Ops Nemangkawi pada pada tanggal 27 April 2021 di Kampung Olenki. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER