Minggu, 26 Mei 2024

Pimpin Upacara HUT ke-60 Wara, KSAU : Peran Wara Semakin Penting dan Menentukan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo memimpin upacara peringatan HUT ke-60 Wanita Angkatan Udara (Wara) yang digelar di Mabesau, Cilangkap, Jakarta, Senin (14/8).

Fadjar dalam amanatnya mengungkapkan rasa bangga dan apresiasi atas peran Wara yang ia sebut semakin penting dan menentukan. Apresiasi serta rasa bangga tersebut dilandasi oleh fakta lebih dari 2.000 personel Wara kini telah berperan aktif di berbagai lini penugasan, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Penugasan luar negeri Wara salah satunya diwujudkan dengan menjadi bagian dari pasukan penjaga perdamaian dunia yang tersebar di sejumlah negara misi.

Baca Juga: Perkuat Pertahanan, TNI AL Resmikan Dua Kapal Pemburu Ranjau

“Peran prajurit wanita di dalam organisasi TNI Angkatan Udara semakin meningkat. Prestasi yang telah diraih Wara di berbagai bidang telah menempatkan mereka pada tingkat yang sejajar dengan wanita hebat dari angkatan udara negara lain,” ungkap KSAU.

Dengan beragam capaian dan prestasi yang ditorehkan oleh Wara, KSAU optimis jika mereka akan terus menjadi inspirasi dan sumber motivasi, yang pada akhirnya dapat berkontribusi pada pembangunan bangsa dan negara.

Upacara
Upacara peringatan HUT ke-60 Wara. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“Berbagai capaian dan prestasi yang telah diraih Wara di berbagai bidang sekaligus menegaskan bahwa Wara mampu menunjukkan peran yang profesional, tangguh dan modern dalam menjawab tantangan dan dinamika penugasan,” pungkasnya.

Baca Juga: Lanal Cilacap Serahkan Artefak Amunisi PD II Eks USS Langley ke Museum

Untuk diketahui, jumlah Wara yang aktif saat ini sebanyak 2.092 orang dengan berbagai level kepangkatan, mulai dari perwira tinggi, perwira menengah, perwira pertama, dan bintara.

Keberadaan Wara menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam organisasi TNI AU, dan mereka juga terlibat dalam tugas-tugas operasi menjaga kedaulatan wilayah udara nasional.

Baca Juga: Resmi Perkuat Koarmada II, ini Kecanggihan Kapal Penyerbu Ranjau yang Baru

Sementara itu, melansir keterangan TNI AU dijelaskan, peringatan HUT ke-60 Wara tahun ini mengusung tema “Dengan Semangat Kanya Bhakti Sakti Sejati, Wara sebagai Prajurit Profesional, Tangguh dan Modern, Siap Mewujudkan TNI Angkatan Udara yang Disegani di Kawasan”.

Pada pelaksanaan upacara hari ini, TNI AU menunjuk Kolonel Sus Monika T.P sebagai komandan upacara. Ia sehari-hari berdinas di Sekolah Komando Kesatuan TNI AU (Sekkau), Jakarta. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER