Selasa, 25 Juni 2024

Perkuat Pertahanan, TNI AL Resmikan Dua Kapal Pemburu Ranjau

BACA JUGA

Surabaya, IDM – TNI AL meresmikan dua unit kapal penyapu ranjau berjenis Mine Counter Meassure Vessel (MCMV), yakni KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732 di Dermaga Madura, Koarmada II Ujung, Surabaya, Senin (14/8).

Upacara serah terima dimulai dengan lagu Indonesia Raya yang dipimpin oleh inspektur upacara, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali.

“Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini Senin (14/8) pukul 10.18 WIB, dengan ini KRI Pulau Fani-731 dan KRI Pulau Fanildo-732, Saya resmikan masuk jajaran TNI AL,” kata KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Baca Juga: Korem 143/HO Tinjau Proses Penjahitan Bendera Sepanjang 17 Km

Lalu KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali menekan tombol simbolis peresmian bersamaan dengan dibunyikannya sirine dan tepuk tangan dari para partisipan acara.

Dilanjut pengukuhan Komandan KRI Pulau Fani-731 yang diemban oleh Letkol Laut (P) Mufianto Machfud dan Letkol Laut (P) Slamet Ariyadi sebagai Komandan KRI Pulau Fanildo-732, seraya mengucapkan sumpah yang dibacakan oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

KRI Pulau Fanildo-732
(IDM/Bunga Permata)

Kedua komandan itu pun disematkan tanda jabatan dan tanda pangkat oleh inspektur upacara. Serta penandatanganan pakta integritas dan serah terima berita acara jabatan.

Baca Juga: Pangkoopsudnas: Misi Demo Udara 17 Agustus Merupakan Kebanggaan Bagi TNI AU

“Pembangunan kedua kapal ini mengandung makna penting sebagai perwujudan modernisasi alutsista TNI dan upaya pemenuhan alpalhankam serta peningkatkan kemampuan khususnya dalam peperangan ranjau. Selanjutnya akan ditugaskan untuk memperkuat satuan kapal ranjau di Komando Armada II,” ujar KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Lebih lanjut, ia menyatakan terima kasih kepada Kementrian Pertahanan (Kemhan) RI atas komitmen dalam memperkuat armada TNI AL.

“Terima kasih yang mendalam kepada pemerintah kepada Kementrian Pertahanan RI atas komitmen dan kontribusi yang luar biasa dalam msepenuhnya mndukung pembangunan Matra laut,” imbuhnya.

Baca Juga: Lanal Cilacap Serahkan Artefak Amunisi PD II Eks USS Langley ke Museum

Ia pun berpesan agar kedua Komandan Kapal Pemburu Ranjau produksi Industri Pertahanan pertahanan Jerman, Abeking & Resmussen itu untuk senantiasa memenuhi aturan dan selalu meningkatkan profesionalisme dengan latihan secara bertahap dan kontrol maupun evaluasi intensif.

“Kapal ini bukan hanya lambang kekuatan, tapi juga representasi dari kerja keras tim. Kapal harus selalu siap dalam mendukung Operasi,” ujarnya.

Upacara peresmian pun ditutup dengan Mars Andika Bhayangkari dan pembacaan doa. (bp)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER