Minggu, 26 Mei 2024

Persiapan Platoon Exchange 2024, Korps Marinir Indonesia-AS Ikuti Orientasi Medan

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 1 Marinir mengikuti orientasi medan untuk persiapan latihan bersama Platoon Exchange 2024 di Pusat Latihan Tempur Marinir (Puslatpurmar) 5 Baluran, Situbondo, Jawa Timur, Selasa (23/4).

Kegiatan orientasi medan tersebut juga dilakukan bersama prajurit Korps Marinir Amerika Serikat (US Marine Corps) yang akan mengikuti latihan bersama Platoon Exchange 2024 dengan prajurit Yonif 1 Marinir.

Baca Juga: KSAL Ajak Angkatan Laut Negara di Kawasan Atasi Tantangan Keamanan Maritim

Orientasi medan yang dipimpin oleh Komandan Yonif 1 Marinir Letkol (Mar) Roni Saputra ini melaksanakan beberapa materi, seperti pertempuran kota (urban operation) dan pertempuran hutan (jungle operation).

Yonif 1 Marinir
(Foto: Dok. Dispen Kormar)

“Diharapkan dengan pelaksanaan Platoon Exchange 2024 dapat menjadi pengalaman berharga untuk Yonif 1 Marinir sebagai media mengembangkan diri agar menjadi prajurit yang dapat diandalkan,” ucap Roni, dikutip dari keterangan Dispen Kormar.

Adapun Platoon Exchange merupakan latihan militer terbesar antara negara Amerika Serikat dengan Indonesia. Latihan bersama ini memperkuat hubungan bilateral antarkedua negara melalui perencanaan, pelatihan, dan latihan bersama.

Baca Juga: Unik, Bertemakan Hari Kartini, Prajurit Kowad Pimpin Apel di Kodam Jaya

Sebelumnya, latihan Platoon Exchange antara Korps Marinir Indonesia dan Amerika Serikat dilaksanakan terakhir kali pada 2019 lalu. Kala itu, total 168 prajurit dari kedua negara menjalani latihan yang dipusatkan di Karangtekok, Situbondo dan Hawaii, Amerika Serikat.

Platoon Exchange fokus terhadap kemampuan taktik bertempur kedua pasukan Marinir Indonesia dan Amerika Serikat dengan melaksanakan materi patroli di berbagai wilayah serta operasi di daerah hutan berpenduduk dan perkotaan.

Kemudian, materi menembak reaksi serta kemampuan menguasai dan membaca medan sekaligus dalam penyampaian perintah operasi. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER