Kamis, 30 Mei 2024

Pengamanan Presiden-Wapres, TNI AL Kerahkan Kapal Cepat Rudal hingga Pasukan Khusus

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI AL mengerahkan sejumlah kapal perang dan pasukan khusus untuk mengawal penanaman mangrove oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) serta peresmian Kampung Bahari Nusantara (KBN) yang dipimpin Wakil Presiden Ma’ruf Amin di Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu, Senin (15/5).

Dikutip dari keterangan Dispenal, sejumlah kapal perang tersebut terdiri dari KRI jenis patroli cepat (PC) 60 meter dan dua KRI jenis kapal cepat tudal (KCR), yaitu KRI Kujang-642, KRI Karotang-872, KRI Barakuda-814, dan KRI Siwar-646.

Baca Juga: KSAD Gelar Halalbihalal bersama TNI-Polri di Bandung

Kemudian, ditambah sea rider dari pasukan khusus TNI AL, yaitu Denjaka, Kopaska, dan Taifib yang bertugas mengawal KAL Yudistira ke lokasi kegiatan, sekaligus mengamankan wilayah perairan selama peresmian. Selanjutnya, dilaksanakan penanaman mangrove yang dipimpin Jokowi di Pantai Indah Kapuk (PIK).

Penanaman mangrove adalah salah satu upaya dalam menjaga keseimbangan ekosistem pantai yang bermanfaat untuk menjaga kelestarian hutan mangrove, sehingga mampu menahan abrasi, penghasil oksigen dan melindungi garis pantai serta mampu menjadi penyaring air laut.

Baca Juga: Satgas TNI Terima Penyerahan Mortir dan Granat Nanas Aktif dari Warga

Sementara itu, peresmian Kampung Bahari Nusantara ialah program TNI AL yang bertujuan menciptakan kondisi juang tangguh untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan masyarakat pesisir dengan membangun klaster bidang kesehatan, pendidikan, pariwisata, ekonomi, dan pertahanan.

Sebanyak 68 program Kampung Bahari Nusantara diresmikan secara serentak diseluruh satuan komando wilayah TNI AL oleh Ma’ruf yang terpusat dari Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER