Kamis, 30 Mei 2024

Panglima TNI Pimpin Sertijab KSAD

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto memimpin serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) dari dirinya sendiri kepada Jenderal TNI Maruli Simanjuntak di Mabesad, Jumat, (1/12/2023).

Maruli Simanjuntak dilantik berdasarkan surat Keputusan Presiden Republik Indonesia (Keppres) Nomor 103/TNI/Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Keppres yang ditetapkan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada tanggal 29 November 2023 itu dibacakan oleh Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan.

Acara Sertijab berlangsung dari pukul 08.00 Wib ditandai dengan masuknya barisan prajurit perwakilan Kopassus, Kostrad hingga PNS TNI, kemudian KSAD terpilih Jenderal TNI Maruli Simanjuntak dan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Baca Juga: 5 Perwira Tinggi TNI AU Dirotasi, Salah Satunya Komandan Kopasgat

Acara dilanjutkan dengan penerimaan bendera Bintang Kartika Eka Paksi dari Jenderal TNI Agus kepada Jenderal Maruli dan penandatanganan laporan serah terima jabatan.

Upacara Sertijab KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak
(IDM/Ronald)

“Hari ini kita sudah melaksanakan serah terima KSAD dari saya kepada Jenderal Maruli Simanjuntak, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung saya selama saya menjadi KSAD dan selanjutnya saya akan berdinas di Panglima TNI, mohon doa restunya terima kasih,” kata Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Sementara itu KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak mengaku sudah banyak menerima arahan dari KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto. Menurutnya walaupun hanya menjadi KSAD hanya sebulan namun Agus menjabat sebagai wakil KSAD hampir dua tahun lebih.

Baca Juga: KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat-992 Siap Ikut Misi Kemanusiaan Perdana Lintas Samudra ke Palestina

“Hari ini saya melaksanakan serah terima jabatan dari beliau (Agus Subiyanto) mulai hari ini secara resmi akan melaksanakan tugas sebagai KSAD, beliau sudah banyak menyampaikan program-program ya walaupun diketahui oleh para rekan media sebagai KSAD satu bulan tapi beliau Wakil KSAD hampir dua tahun jadi sangat lah mengetahui mengenai seluk beluk angkatan darat ini, saya sudah beberapa hari mendapatkan arahan dari beliau mudah-mudahan saya bisa melanjutkan minimal bisa sebaik seperti beliau saat melaksanakn tugas,” kata Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Hadir dalam kegiatan Sertijab, sejumlah mantan Panglima TNI dari Tri Sutrisno hingga Yudo Margono, sejumlah mantan KSAD dan beberapa pejabat penting lainnya. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER