Minggu, 26 Mei 2024

Laksamana Yudo Gelar Karapan Sapi Panglima TNI Cup 2023 di Madura

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Panglima TNI Laksamana Yudo Magono membuka acara Perlombaan Karapan Sapi Piala Panglima TNI 2023 di Madura, Sabtu (2/9). 

Yudo mengatakan, lomba yang digelarnya di Karapan Sapi Raden Panji Muhammad Noer, Kabupaten Bangkalan tersebut merupakan upaya pelestarian budaya. Ia menyebut momen ini sekaligus menjadi wadah silaturahmi masyarakat Madura.

Baca Juga: TNI AL dan Filipina Bahas Stabilitas Keamanan Maritim, Khususnya Laut Sulawesi

“Hari ini kita berkumpul di sini untuk bersama-sama melestarikan sebuah tradisi yang telah mengakar kuat dalam budaya kita yaitu perlombaan karapan sapi,” kata Yudo, dikutip dari keterangan Puspen TNI, Minggu (3/9).

Dalam kesempatan tersebut, 48 pasang sapi dari 4 kabupaten di Pulau Madura, bersaing memperebutkan Piala Panglima TNI 2023. Mereka akan bertanding adu cepat pada 2-3 September 2023.

Baca Juga: Ini Cara Prajurit Marinir Bertahan Hidup yang Ditiru AD Jepang dan Singapura

Yudo berharap budaya tersebut dapat dipertahankan sebagai warisan leluhur. Ia juga menekankan perlombaan tersebut bukan tentang menang atau kalah.

“Karapan sapi menjadi kebanggaan dan harus terus kita lestarikan, jangan sampai budaya ini tergerus oleh arus globalisasi dan menjadi asing di tanah air kita sendiri,” pungkas dia. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER