Minggu, 16 Juni 2024

KRI Bima Suci Kunjungi Tanah Kelahirannya di Vigo, Spanyol

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Satgas misi pelayaran diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida (KJK) 2023 mengunjungi Spanyol sebagai tujuan negara terakhir. KRI Bima Suci berlabuh di Kota Vigo yang merupakan tempat kelahiran kapal layar latih tiang tinggi itu.

Dubes RI LBBP Spanyol Muhammad Najib yang menyambut kedatangan KRI Bima Suci, juga berkesempatan berinteraksi sekaligus memberikan pembekalan kepada seluruh prajurit Satgas KJK 2023.

Najib menyampaikan kebanggaannya dapat menyambut kedatangan para taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) yang mengawaki “Floating Ambassador” KRI Bima Suci dalam menjalankan misi diplomasi dan duta bangsa Indonesia.

Baca Juga: Indonesia Bakal Diperkuat Drone Anka, Kadispenau: TNI AU Bersiap, Salah Satunya Lewat Skadik 103

Terlebih, kata Najib, hal tersebut menjadi suatu momen yang bersejarah saat KRI Bima Suci kembali ke Kota Vigo, di mana kapal itu dibangun pada 2017 silam.

KRI Bima Suci
(Foto: Dok. Dispenal)

“Saya sangat bangga, marena mereka para prajurit pemberani serta memiliki jiwa NKRI yang tersemat di hatinya sehingga badai dan samudra yang luas tidak membuatnya gentar,” ujar Najib dikutip dari keterangan Dispenal, Jumat (25/8).

KRI Bima Suci membawa 96 prajurit yang memulai pelayarannya sejak 2 April 2023 dan dijadwalkan kembali ke Indonesia pada November 2023, pascamenempuh perjalanan sejauh 25.871 mil laut. Pelayaran ini akan berlangsung selama 214 hari.

Baca Juga: Tank Canggih M1A1 Abrams Tiba di Surabaya

Rute perjalanan meliputi berbagai tujuan penting di beberapa negara, seperti Surabaya–Batam–Kolombo (Srilanka)–Salalah (Oman)–Jeddah (Arab Saudi)–Alexandria (Mesir)–Algeir (Algeria)–Rouen (Prancis)–Brest (Prancis)–Den Helder (Belanda)–Hartlepool (Inggris)–Fredrikstad (Norwegia).

Lalu, Aberdeen (Skotlandia)–Lerwick (Skotlandia)–Arendal (Skotlandia)–Rostock (Jerman)–Vigo (Spanyol)–Tunis (Tunisia)–Port Said (Mesir)–Jeddah (Arab Saudi)–Muscat (Oman)–Kolombo (Srilanka)–Belawan, dan kembali ke Surabaya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER