Senin, 27 Mei 2024

Komisi I Besok Akan Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Ketua Komisi I DPR RI, Meutia Hafid menyebut rangkaian fit and proper test untuk calon panglima TNI akan dimulai besok, Jumat, (10/11/2023) dengan agenda verifikasi administrasi.

“Jadi calon panglima diharapkan melengkapi daftar riwayat hidup, NPWP, KTP, kartu keluarga, KMD LHKPN tahun 2022, kmd SPT Pajak tahun 2022 dan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah. Ini kita lakukan esok 1 hari penuh di hari Jumat,” kata Meutia di Senayan, Kamis, (9/11).

Untuk verifikasi administrasi ini lanjut Meutia hanya dilakukan internal di Komisi I saja jadi tidak perlu harus kedatangan langsung dari calon tunggal untuk menberikan berkas.

Baca Juga: Amankan Pemilu di Papua, Kodam Cendrawasih Kerahkan 89 Unit Alutsista

“Jadi diterima dari pukul 10 pagi sampai sore atau sampai apapun diperlukan untuk melengkapi, besok harus lengkap semu data-data yang tadi saya sebutkan, supaya Senin itu kita bisa langsung mendengarkan paparan dari calon panglima. Dan, tidak wajib, kalau beliau datang bisa, tidak datang juga bisa, tapi nanti sebelum rapat dimulai, akan melihat kelengkapan, kita memeriksa kelengkapan dari administrasi,” kata Meutia.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengusulkan nama Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Agus Subiyanto sebagai calon Panglima TNI. Hal ini dipastikan Ketua DPR Puan Maharani lewat surat presiden (surpres) yang dikirimkan.

“Saya akan mengumumkan calon pengganti dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, nama yang diusulkan oleh Presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat,” kata Puan seperti dikutip dari Antara, Selasa, (31/10/2023).

Baca Juga: Brigjen Ridwan Resmi Jabat Kadisbintalad yang Baru

Jenderal Agus Subiyanto diusulkan sebagai calon Panglima TNI untuk menggantikan Laksamana TNI Yudo Margono yang akan pensiun. Sesuai aturan undang-undang, menurut Puan, presiden harus menyampaikan usulan nama Panglima TNI baru kepada DPR.

“Bahwa Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono akan memasuki masa pensiun yang sesuai dengan aturannya, yaitu pada tanggal 26 November, sesuai hari kelahiran beliau,” jelas Puan. (rr)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER