Senin, 15 April 2024

Kibarkan 1945 Bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai, Lanud Sugiri Sukani Pecahkan Rekor MURI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Lanud Sugiri Sukani (Ski) Majalengka mencatat rekor MURI pengibaran bendera Merah Putih terbanyak di puncak gunung saat peringatan HUT ke-78 RI, Kamis (17/8).

Sebanyak 1945 bendera Merah Putih berkibar di sepanjang rute pendakian, mulai dari jalur Apuy Palutungan dan Linggarjati hingga puncak Gunung Ciremai, Majalengka, Jawa Barat.

Baca Juga: Aksi Personel Skadron Udara 33 dalam Latihan Penerjunan LCLA di Pacific Airlift Rally 2023

Selain pengibaran bendera di sepanjang jalur pendakian, Lanud Ski juga menggelar upacara bendera di puncak gunung Ciremai pada ketinggian 3.078 Mdpl dan diikuti oleh 1.862 orang.

Ribuan orang itu terdiri dari jajaran personel Lanud Ski, komunitas pecinta alam serta berbagai unsur masyarakat lainnya.

Pengibaran bendera merah putih
Penyerahan piagam penghargaan rekor MURI untuk pengibaran bendera terbanyak di puncak gunung. (Foto: Dok. instagram @militer.udara)

Untuk diketahui, pelaksanaan upacara pengibaran bendera Merah Putih di puncak gunung ini merupakan yang pertama kali dilakukan di jajaran TNI Angkatan Udara (TNI AU). Kegiatan ini digagas oleh Danlanud Sugiri Sukani, Letkol Pnb Supardo Butarbutar dengan merangkul semua elemen masyarakat.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi momen untuk mengenang dan mewujudkan semangat perjuangan serta semangat rela berkorban para pahlawan demi kemerdekaan NKRI.

Baca Juga: KSAD: Rakyat Papua Saudara Kita, Bantu Mereka

“Upacara pengibaran bendera Merah Putih di Puncak Gunung Ciremai menjadi wujud nasionalisme dan cinta kami kepada tanah air Indonesia, sekaligus menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan dan kekeluargaan antara Lanud Sugiri Sukani dengan masyarakat sekitar,” jelas Danlanud Ski dikutip dari keterangan TNI AU dalam keterangan foto instagram @militer.udara, Sabtu (19/8).

Sebelum melaksanakan upacara di puncak gunung, para personel upacara diketahui telah melakukan sejumlah persiapan yang matang, seperti menjaga kesehatan, mempersiapkan peralatan dan kelengkapan mendaki, serta melakukan latihan fisik secara rutin di Lanud Sugiri Sukani. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Panglima TNI Pimpin Serah Terima Jabatan KSAU

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyerahkan bendera panji Swa Bhuwana Paksa kepada Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono. Upacara serah terima jabatan (sertijab) tersebut berlangsung di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Jumat (5/4).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER