Kamis, 22 Februari 2024

Danlanud SMH Ungkap Kronologi Penyelundupan Narkoba Melalui Bandara SMB II Palembang

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Tim gabungan keamanan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang berhasil menggagalkan upaya penyelundupan satu paket narkoba jenis ganja kering seberat 769 gram, Sabtu (23/9).

Demikian diungkap oleh Komandan Lanud Sri Mulyono Herlambang (SMH) Palembang, Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo dalam keterangan persnya yang dikutip dari Penerangan Lanud SMH, Selasa (26/9).

Sigit menjelaskan, awalnya tim gabungan keamanan Bandara SMB II yang terdiri dari anggota TNI AU Lanud SMH, Avsec dan Kepolisian mencurigai satu paket yang akan dikirim ke Lombok.

Baca Juga: KSAU Terima Laporan Kenaikan Pangkat 6 Pati TNI AU

Paket tersebut dibalut dengan pakaian dan dimasukkan ke dalam kotak yang dibungkus rapi dengan tujuan untuk mengelabui petugas.

“Pada pukul 10.40 barang-barang kargo masuk di seksi kargo Bandara SMB II. Kemudian, dilaksanakan pengecekan melalui X-Ray. Saat itulah dicurigai ada satu paket yang harus diperiksa lebih lanjut,” ungkap Danlanud SMH.

Danlanud SMH Kolonel Pnb Sigit Gatot Prasetyo
Penyerahan barang bukti narkoba dari tim gabungan keamanan Bandara SMB II Palembang kepada Polsek Sukarami Palembang. (Foto: Dok. Penerangan Lanud SMH)

“Setelah dilaksanakan pemeriksaan lebih lanjut dan dibuka, ternyata ditemukan ada satu paket berisi ganja kering dan saat ditimbang beratnya adalah 769 gram,” imbuhnya.

Barang bukti narkoba tersebut kemudian langsung diserahkan kepada Polsek Sukarami Palembang untuk penyelidikan lebih lanjut.

Baca Juga: Mau Tahu Kehidupan di Akmil, Yuk Kunjungi Standnya di TNI AD Fair 2023

Dengan keberhasilan tim gabungan keamanan Bandara SMB II dalam menggagalkan upaya penyelundupan narkoba ini, menurut Sigit, menjadi komitmen mereka untuk menekan peredaran narkoba di tengah masyarakat yang berpotensi merusak generasi muda Indonesia.

Untuk itu, ia juga mengimbau agar masyarakat tidak melakukan pengiriman narkoba atau sejenisnya lantaran tim keamanan Bandara SMB ll akan selalu melakukan pencegahan dalam bentuk apa pun. “Tim gabungan keamanan bandara akan selalu melakukan pengecekan sesuai prosedur sehingga barang haram tersebut tidak akan pernah lolos dari pengawasan,” tegas Kolonel Pnb Sigit.

Sejak tahun 2022, tim keamanan gabungan tercatat sudah enam kali menggagalkan upaya penyelundupan dan pengiriman narkoba melalui Bandara SMB II Palembang dengan berbagai tujuan. “Sejak Januari 2022 hingga September 2023, sekitar 6 kali dengan total 6,5 kg yang kita dapatkan dari hasil penyekatan, selalu dengan kondisi yang sama tapi dengan tujuan yang berbeda -beda,” pungkas Danlanud SMH. (yas)

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER