Sabtu, 15 Juni 2024

Dankormar Dampingi KSAL Tinjau Lokasi Pembangunan Mabesal di IKN

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Sfaf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali, didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen (Mar) Nur Alamsyah mengunjungi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, Selasa (22/8).

Dikutip dari keterangan Dispen Kormar, Rabu (23/8), Ali beserta rombongan meninjau lokasi lahan yang akan digunakan untuk pembangunan gedung Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal).

Baca Juga: Teken MoU 24 Pesawat F-15EX AS, Pengamat: Buah Kegigihan Diplomasi Prabowo

Sebelumnya, saat Panglima TNI Laksamana Yudo Margono masih menjabat KSAL, ia mengungkakapkan TNI AL berencana membuat dua komando daerah maritim (Kodamar) di wilayah barat dan timur IKN Nusantara.

KSAL Laksamana Muhammad Ali
(Foto: Dok. Dispen Kormar)

Kodamar tersebut akan dibangun di Pontianak serta di timur, yakni Tarakan dan Balikpapan.

TNI AL juga mendukung pertahanan IKN dengan dua segmen. Pertama, pemindahan Mabesal sesuai dengan Markas Besar TNI yang sudah disiapkan lahannya.

Baca Juga: Prosesi Injak Piring Sambut Kedatangan Pangdam XVIII Kasuari yang Baru

Kedua adalah segmen untuk pertahanan matra laut, yakni melalui Lanal Balikpapan, Kodamar Samboja, dan Kodamar di Tarakan.

“Kerawanan yang mungkin terjadi adanya rudal dari laut ke permukaan, yang kedua adalah penguasaan melalui laut dan pantai, sehingga di sini perlu pertahanan pantai yang kuat,” ujar Yudo pada November 2022 lalu. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER