Selasa, 5 Maret 2024

Teken MoU 24 Pesawat F-15EX AS, Pengamat: Buah Kegigihan Diplomasi Prabowo

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi menilai penandatanganan nota kesepahaman atau MoU komitmen Indonesia untuk membeli pesawat tempur F-15EX asal Amerika Serikat (AS) menjadi buah dari kegigihan diplomasi Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto.

Fahmi mengakui jika pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari AS membutuhkan proses yang panjang, bahkan melelahkan.

Syarat dan ketentuan yang beragam disebut Fahmi menjadi sebuah refleksi yang menggambarkan jika kepentingan nasional AS merupakan hal yang lebih prioritas dibandingkan dengan kepentingan negara pembeli alutsista itu sendiri.

Baca Juga: Atasi Polusi Udara di Jabodetabek, TNI AU Kerahkan Pesawat Casa-212 untuk Operasi TMC

“Dibutuhkan keuletan dan kesabaran ekstra untuk sampai pada kesepahaman komitmen dalam rencana pembelian alutsista dari AS,” ungkap Fahmi.

“Penandatangan MoU pembelian F-15EX yang dirilis Prabowo pagi ini, menurut saya merupakan buah dari kegigihan diplomasi Prabowo,” tegasnya.

Meskipun begitu Fahmi mengingatkan bahwa di dalam negeri pun Prabowo harus berupaya meyakinkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk memprioritaskan rencana akuisisi sejumlah alutsista di tengah keterbatasan fiskal.

Baca Juga: Lanal Dumai Gagalkan Penyelundupan 31 Calon PMI ke Malaysia

“Dalam negeri sendiri, tidak mudah juga meyakinkan Kementerian Keuangan untuk bisa memprioritaskan rencana akuisisi sejumlah alutsista baru termasuk F15EX ini, di tengah keterbatasan fiskal,” kata Fahmi.

Dalam kunjungan kerjanya ke AS, Prabowo menyaksikan langsung penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX antara Kemhan RI dengan Boeing AS yang digelar di Boeing, St. Louis, Missouri.

“Penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15EX,” tulis Prabowo dalam akun instagram pribadinya, @prabowo, Selasa (22/8).

Baca Juga: Wakil KSAD Resmi Buka Latma Safkar Indopura-35/2023 di Singapura

Pesawat tempur F-15EX merupakan versi paling muktahir dari pesawat F-15 yang pernah dibuat oleh Boeing. Pesawat ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya sistem avionik yang canggih, fitur kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronika, kokpit kaca digital, serta sistem misi dan kemampuan lunak terkini.

Dengan beragam keunggulan tersebut, F-15EX disebut sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih di dunia saat ini.

BERITA TERBARU

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER