Senin, 27 Mei 2024

Atasi Polusi Udara di Jabodetabek, TNI AU Kerahkan Pesawat Casa-212 untuk Operasi TMC

BACA JUGA

Jakarta, IDM – TNI Angkatan Udara (TNI AU) mengerahkan satu unit pesawat Casa C-212 untuk melaksanakan operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang digelar pada 19 sampai 21 Agustus 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan untuk membantu pemerintah dalam mengatasi polusi udara yang terjadi di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga: Kronologi Prajurit Marinir Pratu Agung Gugur Ditembak KKB di Papua

Dalam prakteknya, TNI AU menjalin kerja sama dengan sejumlah instansi terkait, seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) serta Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Pesawat Casa-212
Personel TNI AU tengah menyiapkan garam yang digunakan dalam misi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) dengan pesawat Casa-212. (Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

Dilansir dari keterangan TNI AU dalam instagram resmi mereka @militer.udara, Selasa (22/8) dijelaskan, pesawat Casa C-212 dengan tail number A-2108 yang mengemban misi TMC ini diawaki oleh Lettu Pnb Edwin dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Sementara itu, Lanud Husein Sastranegara Bandung bertugas untuk memberi dukungan informasi cuaca dan traffic pada kegiatan TMC kali ini.

Baca Juga: Lanal Dumai Gagalkan Penyelundupan 31 Calon PMI ke Malaysia

“Operasi TMC dilakukan dengan menebar garam dan kapur tohor di atas awan potensial. Operasi TMC ini diminta langsung oleh pemerintah pusat melalui BNPB karena isu polusi udara, khususnya di Jakarta yang semakin memburuk,” tulis TNI AU.

Setelah penaburan garam tersebut dilakukan, BNPB kemudian meminta masukan ke BMKG untuk melihat seberapa besar potensi hujan di wilayah Jakarta. BMKG selanjutnya mengeluarkan prediksi dan dari situlah disampaikan adanya potensi hujan di wilayah Jabodetabek. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER