Selasa, 21 Mei 2024

Bawa Pemudik dari Jakarta, KRI Banda Aceh Tiba di Semarang dan Surabaya

BACA JUGA

Jakarta, IDM – KRI Banda Aceh-593 yang membawa para penumpang mudik gratis Lebaran Idul Fitri 2024, tiba di Semarang dan Surabaya pascamenempuh tiga hari pelayaran sejak berangkat dari dermaga Kolinlamil, Jakarta, Jumat (5/4).

Dikutip dari keterangan Dispenal, Senin (8/4), kapal perang jenis pendarat amfibi atau Landing Platform Dock (LPD) itu tiba di dermaga Tanjung Emas, Semarang, pada Sabtu (6/4) dan di dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Minggu (7/4) kemarin.

KRI Banda Aceh-593 sebagai transportasi untuk para pemudik jalur laut ini berlayar menuju Semarang dan Surabaya membawa masyarakat umum, khususnya bagi pengguna kendaraan bermotor.

Baca Juga: TNI-Polri Gelar Patroli di Jalan Tikus Agar Warga PNG Tak Berkebun di Wilayah Indonesia

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Muhammad Ali melepas KRI Banda Aceh-593 untuk membawa 1.026 pemudik ke Semarang dan Surabaya dengan waktu pelayaran selama tiga hari, yakni 5-7 April.

KRI Banda Aceh-593
Para pemudik yang membawa kendaraan bermotor keluar dari kapal saat sandar di Surabaya, Minggu (7/4). (Foto: Dok. Dispenal)

“Nanti kembalinya arus balik juga akan menggunakan KRI Banda Aceh dari Surabaya ke Semarang, kemudian ke Jakarta,” ujar Ali di sela kegiatan pelepasan mudik gratis.

Ali juga menyampaikan kegiatan mudik gratis menggunakan kapal perang ini dalam rangka mendukung imbauan pemerintah agar perjalanan pemudik dapat berjalan lancar dan aman.

Baca Juga: TNI Kirim 33 Personel Yonif 117 Ksatria Yudha Jaga Pulau Terluar Indonesia

“Kalau di jalan, mereka mengendarai motor dari Jakarta-Surabaya kan tentu bahayanya cukup banyak, tapi kalau di sini (di atas kapal) mereka bisa istirahat,” kata Ali saat acara pelepasan mudik gratis jalur laut.

Ia juga mengungkapkan, para pemudik di atas KRI Banda Aceh-593 mendapatkan sejumlah fasilitas selama pelayaran menuju Semarang dan Surabaya, seperti kupon makan, kamar tidur, bed sharing (kasur) untuk di geladak dan hanggar heli, dan kamar mandi yang tersedia shower air hangat.

“Yang perempuan dan anak-anak bisa di kamar-kamar. Kemudian, yang laki-laki bisa di geladak dan hanggar heli. Mereka semua mendapat makanan untuk buka puasa dan sahur bahkan untuk yang tidak berpuasa. Ini sudah disiapkan oleh Badan Amal Zakat Nasional (Baznas)” jelasnya. (at)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER