Jumat, 14 Juni 2024

Bakamla RI dan KCG Sepakat Lanjutkan Kerja Sama Pengamanan Laut

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Bakamla RI dan Korea Coast Guard (KCG) sepakat meneruskan kerja sama pengamanan laut di kawasan. Pernyataan tersebut terungkap dalam pertemuan antar pucuk pimpinan, Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Aan Kurnia dan Commisioner General (KCG) Kim Jong Uk, Incheon, Korea Selatan, Senin (3/7).

Melansir keterangan dari Bakamla RI, perjumpaan keduanya merupakan kerja sama yang terjalin sejak 2018. Perjumpaan kali ini merupakan yang kedua setelah pertemuan pertama terjadi pada 2019.

Baca Juga: Delegasi Puspenerbad Kunjungi AS Ikuti Program Pemeliharaan Helikoper AH-64E Apache

Sejumlah bentuk kerja sama yang dibahas keduanya meliputi pertukaran informasi terkini tentang perairan masing-masing hingga meningkatkan kapasitas personel kedua instansi.

“Tidak hanya itu, kedua instansi juga berusaha untuk terus membangun komunikasi positif dan aktif, melalui pelibatan dalam kegiatan kemaritiman yang berlangsung di masing-masing negara,” demikian tertulis dalam keterangan tersebut.

Baca Juga: Danjen Kopassus: Satuan 81 Kopassus Harus Waspada Aksi Terorisme dan Radikalisme

Keduanya berharap kerja sama yang dibangun dapat terus menguat, seiring dengan pengamanan di kawasan Selat Malaka yang menghubungkan jalur transportasi di Asia Timur, India, Timur Tengah dan Afrika.

“Bakamla RI dan KCG sepakat bahwa pengamanan laut di kawasan tidak dapat dilakukan sendiri, namun dibutuhkan kolaborasi yang kuat dan berkesinambungan antar instansi negara sahabat,” tulis Bakamla RI. (un)

BERITA TERBARU

INFRAME

Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024

Peserta kategori IPSC Level III mengikuti Kejuaraan Menembak Tanfoglio Cup 2024 di Lapangan Tembak Djamsuri, Wing Komando 1 Kopasgat, Jakarta, Jumat (7/6). Perlombaan tersebut mengangkat tema "Kualitas dan Prestasi adalah Kehormatan".

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER