Kamis, 30 Mei 2024

Bahas Pengamanan Pemilu 2024, KSAU Hadiri Rapat Kerja dengan Komisi I DPR RI

BACA JUGA

Jakarta, IDM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo menghadiri rapat kerja (raker) dengan Komisi I DPR RI di Gedung Nusantara II Paripurna DPR RI, Jakarta, Selasa (7/11).

Raker digelar dengan fokus pembahasan kebutuhan anggaran dan kesiapan TNI dalam mendukung pengamanan serta rencana kontijensi pengamanan Pemilu 2024.

Baca Juga: KSAD Pastikan TNI AD Sudah Mapping Daerah Rawan Pemilu

Melansir keterangan TNI AU, Rabu (8/11) dijelaskan, rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid itu turut dihadiri oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono; KSAD Jenderal TNI Agus Subiyanto; dan KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali.

Dalam raker, Panglima TNI kembali menegaskan kesiapan TNI untuk membantu pemerintah maupun Polri dalam mengamankan setiap tahapan Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Fadjar Prasetyo, Yudo Margono, Muhammad Ali
(Foto: Dok. Instagram @militer.udara)

“TNI netral dengan tidak terlibat politik praktis maupun tidak berpihak dengan partai politik manapun,” tegas Yudo.

Membahas tentang netralitas, Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Utut Adianto mengusulkan pembentukan Panitia Kerja (Panja) netralitas TNI dalam Pemilu 2024.

Baca Juga: Begini Cara Kodam Jaya Cegah Bullying di Sekolah-sekolah Jakarta

“Tapi, kalau memang berkenan untuk menjaga marwah, DPR buatlah Panja netralitas TNI. Jadi sembari kita ada kesibukan sebagai caleg (calon anggota legislatif), kita membuat pengawasan,” kata Utut dikutip dari Kompas.

Menurut Utut, meski sudah ada niatan dan komitmen dari Panglima TNI tentang netralitas instansinya, DPR tetap perlu melakukan pengawasan. (yas)

BERITA TERBARU

INFRAME

Menhan Prabowo Serahkan Bantuan Bencana Alam di Sumatera Barat

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto memberikan bantuan untuk korban bencana banjir bandang dan tanah longsor di Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (16/5).

EDISI TERBARU

sidebar
ads-custom-5

POPULER